Gigi Berlubang Ternyata Bisa Menular

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Jika tidak merawat gigi dengan baik, seseorang berisiko memiliki masalah gigi seperti gigi berlubang dan karies atau pengikisan. Gigi berlubang bisa terjadi saat gula atau sisa makanan tak dibersihkan dengan benar. Hal tersebut membuat bakteri jahat menempel dan membuat gigi berlubang.

"Jika gigi sudah berlubang maka perlu dilakukan pengobatan. Makanya lebih baik melakukan pencegahan dengan merawatnya sedini mungkin," ujar dr. Avianti dilansir dari Suara.com.

baca juga: Kesadaran Gaya Hidup Sehat Meningkat, Ini Dukungan Pemerintah Untuk Industri Jamu dan Sejenisnya

Lebih lanjut kata dia, gigi berlubang ternyata bisa menular ke gigi lainnya. Hal ini terjadi karena bakteri streptococcus penyebab gigi berlubang mengkontaminasi air liur. "Bila dibiarkan gigi berlubang itu akan menular, lalu jika abai tentu akan mencapai pulpa atau saraf gigi sehingga anak atau orang dewasa merasakan nyeri. Kondisi lainnya bisa berujung munculnya nanah, bisul hingga bengkak ke area wajah terutama pipi dan mata."

Ia menyarankan pemilik gigi berlubang untuk segera ke dokter yang kompeten untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan lebih lanjut ke depan.

baca juga: Benarkah Jantung Anda Sehat? Ketahui dengan Cara Mudah Ini

"Biasanya masyarakat ini pada menyepelekan dan bandel karena gigi berlubang,tetapi seharusnya disarankan untuk cepat segera konsultasikan kepada dokter, jangan dibiarkan karena itu sangat berbahaya," tuturnya.

Editor: Ramadhani