Ini 6 Jenis Vaksin yang Diperlukan Orang Dewasa

Ilustasi dari halodoc
Ilustasi dari halodoc (Halodoc)

KLIKPOSITIF -- Banyak orang yang beranggapan bahwa vaksin hanya dibutuhkan oleh bayi dan balita saja. Padahal, orang dewasa juga memerlukan vaksin untuk melindungi diri dari berbagai penyakit. Sayangnya, kesadaran orang dewasa untuk melakukan vaksin saat ini masih rendah. Banyak alasan yang dilontarkan seperti biaya vaksin yang tidak murah, tidak tahu vaksin yang dibutuhkan, tidak tahu jadwal pemberian vaksin seharusnya, atau karena memang tidak percaya bahwa vaksin dapat melindungi diri dari penyakit.

1. Vaksin Influenza

baca juga: Kesadaran Gaya Hidup Sehat Meningkat, Ini Dukungan Pemerintah Untuk Industri Jamu dan Sejenisnya

Di musim penghujan, influenza atau flu adalah penyakit yang seringkali menyerang orang dewasa. Influenza merupakan penyakit yang terjadi karena ada infeksi virus di seputar saluran pernapasan. Pemberian vaksin influenza ini bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit ini.

Menurut World Health Organization, pemberian vaksin influenza menjadi salah satu cara pencegahan yang paling efektif. Pemberian vaksin dapat dilakukan satu tahun sekali sehingga efektif untuk mencegah serangan maupun penularan flu.

baca juga: Benarkah Jantung Anda Sehat? Ketahui dengan Cara Mudah Ini

2. Hepatitis A dan Hepatitis B

Orang dewasa harus mendapatkan perlindungan vaksin hepatitis A dan hepatitis B. Ini karena Infeksi virus ini bisa menyebabkan peradangan hati akut atau menahun. Bahkan kondisi ini bisa berkembang menjadi sirosis hati atau kanker hati.

baca juga: KPU Padang Catat Sudah 469 KPPS Reaktif Covid-19, Bagaimana Persiapan Pencoblosan?

Hepatitis A penting diberikan pada orang-orang yang bekerja di tempat yang menjual makanan, seperti restoran, cafe dll. Pasalnya, penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis A yang disebarkan oleh kotoran pengidap dan biasanya tertular melalui makanan. Untuk itu, Anda disarankan rutin melakukan vaksinasi hepatitis A. Sedangkan hepatitis B merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis B.

3. HPV

baca juga: Bayi Ini Lahir dengan Antibodi Covid-19

Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention, pemberian vaksin HPV bertujuan untuk menghindari serangan dari virus human papillomavirus (HPV). Virus ini merupakan penyebab utama dari terjadinya kanker serviks pada wanita dan kutil kelamin pada pria maupun wanita.

Ketika berusia remaja atau anak-anak adalah waktu terbaik untuk memberikan vaksin ini. Hal ini karena vaksin HPV efektif bekerja jika diberikan sebelum seseorang aktif berhubungan seksual. Jika Anda masih belum mendapatkannya, Anda harus segera melakukan vaksinasi HPV ini.

4. Pneumonia

Pemberian vaksin Pneumonia bertujuan menurunkan risiko terkena penyakit pneumonia, yaitu penyakit radang paru yang dipicu oleh bakteri Streptococcus. Bagian yang sering diserang penyakit ini adalah saluran napas bagian bawah. Orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah akan lebih mudah terserang penyakit ini.

5. Tetanus, Difteri, dan Pertussis

Orang dewasa harus divaksin untuk menghindari tertular dari penyakit tetanus, difteri dan pertusis atau batuk rejan. Biasanya paket vaksin ini sudah diberikan ketika seorang anak aktif imunisasi sejak masih balita.

Berdasarkan Webmd, jika Anda telah memasuki usia 64 tahun dan belum menerima vaksin jenis ini selama 10 tahun belakangan, sebaiknya lakukan vaksin agar Anda terhindar dari beberapa jenis penyakit.

6. Vaksin Cacar

Pemberian vaksin ini bertujuan untuk mencegah Anda dari terkena penyakit cacar air. Penyabab penyakit ini adalah virus varicella zoster. Biasanya vaksin cacar sudah masuk dalam paket imunisasi yang diberikan saat masih balita. Jika Anda belum mendapatkannya, biasanya dokter akan menganjurkan dosis yang berbeda.

Itulah 6 Jenis Vaksin yang Diperlukan Orang Dewasa. Jika saat ini Anda merasa kondisi kesehatan menurun di tengah Covid-19, download saja aplikasi Halodoc. Anda bisa konsultasi dengan dokter melalui berbagai fitur yang ditawarkan Halodoc seperti voice, video call dan chat.

Ada juga fitur Directory yang mana pengguna bisa menemukan informasi lengkap mengenai dokter, rumah sakit dan klinik terdekat di daerah yang bisa dikunjungi. Fitur ini juga bisa dimanfaatkan oleh Anda yang tinggal di sekitar Kota Yogyakarta untuk mengetahui lokasi vaksin Yogyakarta terdekat dengan tempat tinggal Anda.

Editor: Pundi F Akbar