Seperti Rokok, Ternyata 4 Sayuran yang Sering Dikonsumsi Ini Juga Mengandung Nikotin

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Masyarakat awam mengenal nikotin sebagai zat adiktif yang ada pada rokok . Padahal nikotin sendiri merupakan senyawa kimia organik kelompok alkaloid yang bisa dihasilkan secara alami oleh beberapa jenis tanaman.

Nikotin dipercaya bisa membuat penikmatnya kecanduan alias ketagihan. Tapi tahu kah kamu bahwa bukan hanya rokok yang mengandung nikotin ?

baca juga: Kesadaran Gaya Hidup Sehat Meningkat, Ini Dukungan Pemerintah Untuk Industri Jamu dan Sejenisnya

Ada juga makanan yang mengandung nikotin dan terbukti menyehatkan tubuh. Berikut ini adalah jenis sayur dan buah yang mengandung nikotin seperti yang telah dikutip dari Healthfully.

1. Terung

baca juga: Benarkah Jantung Anda Sehat? Ketahui dengan Cara Mudah Ini

Dari semua makanan yang kaya zat nikotin , terung atau terong termasuk pemilik kadar nikotin tertinggi. Kandungan nikotin dalam terong mencapai 100 nanogram (ng) per gram. Sayuran ini juga kaya serat, vitamin B1, vitamin B6 dan kalsium

Menurut The Encyclopedia of Healing Foods yang ditulis Michael T. Murray, manfaat lain saat terong dimakan langsung, sayur ini kaya antioksidan bernama nasunin, yang bisa melawan kanker.

baca juga: KPU Padang Catat Sudah 469 KPPS Reaktif Covid-19, Bagaimana Persiapan Pencoblosan?

2. Tomat hijau

Meski lebih rendah dari terong, tomat hijau juga jadi sumber makanan dengan nikotin lainnya. Konsenterasi nikotin dalam tomat hijau mencapai 42,8 ng per gram. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, tomat hijau juga merupakan sumber makanan yang baik karena kandungan kalium, fosfor, vitamin C, folat, dan kalsium.

baca juga: Bayi Ini Lahir dengan Antibodi Covid-19

3. Kembang kol

Berada di urutan ketiga, konsentrasi nikotin dalam kembang kol sebanyak 16,8 ng per gram. Ditambah kembang kol juga jadi makanan yang terkandung vitamin K, vitamin C, folat dan serat yang baik.

Mengonsumsi kembang kol secara teratur, akan bermanfaat untuk kesehatan , seperti melindungi dari kanker, detoksifikasi atau membuang racun dalam tubuh dan perlindungan dari penyakit rheumatoid arthritis atau autoimun penyebab peradangan.

4. Kentang

Umbi-umbian karbohidrat yang kaya vitamin B6, vitamin A dan potasium ini terkandung nikotin sebanyak 7,1 ng per gram. Kentang juga ampuh untuk mencegah penyakit jantung, saat dimasak dengan cara dipanggang atau direbus.

Orang yang mengonsumsi kentang rebus dan panggang berisiko lebih rendah terkena serangan jantung, karena bisa menekan tekanan darah, sehingga berisiko mengalami rendah darah tinggi sebagai penyebab sakit jantung, dibanding orang yang tidak mengonsumsi kentang rebus atau kentang panggang.

Editor: Eko Fajri