Tips Memilih Masker yang Tepat Agar Efektif Penggunaannya

Ilustrasi
Ilustrasi (cnnindonesia.com)

KLIKPOSITIF -- New normal starter pack menjadi salah satu istilah yang sering Anda dengar sejak kemunculan pandemi. Di mana kebiasaan dan rutinitas sehari-hari mau tidak mau harus mengalami sedikit perubahan. Jika sebelumnya Anda malas mencuci tangan, kini Anda harus sesering mungkin mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih. Jikalau pun berada jauh dari keran air yang mengalir, Anda bisa mencuci tangan menggunakan hand sanitizer. Benda berukuran kecil ini kian populer setiap harinya.

Selain hand sanitizer, new normal starter pack yang juga tidak kalah penting yakni masker . Bahkan, Anda dianjurkan untuk selalu menggunakan masker setiap kali beraktivitas di luar ruangan. Baik itu saat bepergian pada jarak yang jauh maupun dekat sekalipun. Dengan menggunakan masker , Anda bisa lebih terhindar dari risiko penularan virus. Droplets atau bercak dahak pun tidak akan mudah masuk ke dalam sistem pernapasan Anda.

baca juga: Anies Baswedan Positif Corona

Namun, hal ini bisa terjadi, jika Anda memilih masker yang tepat untuk digunakan setiap harinya. Agar risiko penularan virus bisa benar-benar berkurang, memilih masker secara sembarangan bukanlah keputusan yang tepat. Akan lebih baik jika Anda menggunakan masker yang telah terbukti ampuh mengurangi penyebaran virus, diantaranya seperti masker Sensi, masker N95, masker kain tiga lapis, dan lain sebagainya.

Masker yang terbuat dari bahan scuba atau buff sebaiknya mulai Anda tinggalkan. Kedua jenis masker tersebut diklaim tidak efektif dalam mengurangi penyebaran virus. Mengingat lapisan yang dimiliki hanyalah satu dan bukan tiga. Di sisi lain, penggunaan buff juga dianggap bisa memperburuk risiko penularan virus. Pasalnya, buff bisa menyerap keringat wajah Anda dan membuatnya menjadi lembap. Udara lembap ini hanya akan membuat virus semakin mudah menempel dan akan membuat Anda mudah sakit.

baca juga: Hingga November 2020, Warga Solok yang Terpapar Covid-19 Berjumlah 429 Orang

Tidak heran, jika pemerintah akhirnya mengeluarkan sebuah peraturan mengenai larangan penggunaan masker scuba dan buff. Terlebih saat beraktivitas di ruang publik dan bertemu dengan banyak orang. Agar masker yang Anda gunakan benar-benar efektif dalam menangkal virus, simak tips memilih masker terbaik berikut ini.

1.Perhatikan Filter Masker Masker kesehatan akan dilengkapi dengan sebuah filter di dalamnya. Filter inilah yang akan bekerja secara maksimal dalam menahan virus masuk ke tubuh Anda. Dengan kata lain, Anda perlu mengetahui kinerja filter dan seberapa efektif filter bekerja untuk menahan virus. Semakin tinggi tingkat keefektifan masker , tentu akan membuat Anda lebih terhindar dari virus. Namun perlu diingat, jika filter akan bekerja secara maksimal jika Anda pun menggunakan masker secara tepat.

baca juga: Kisah Ria Oktorina, Penyintas Covid-19 Asal Solok Sumbar

2.Cek Berapa Lapisan Masker Non Medis Hal pertama yang perlu Anda perhatikan yakni mengenai lapisan masker pada masker . Jangan hanya karena maskernya terlihat keren, bukan berarti Anda tetap menggunakan masker dengan satu lapisan saja. Pasalnya, masker satu lapis ini tidak akan efektif dalam menangkal penyebaranan virus Corona. Bagi Anda yang membeli masker kain dan masker non medis lainnya, pastikan masker tersebut dilengkapi dengan tiga lapisan atau tambahan ruang kosong untuk meletakkan tisu, ya.

3.Perhatikan Ukuran Masker Ukuran juga menjadi hal yang perlu Anda pertimbangkan setiap kali akan membeli sebuah masker . Selain tidak dapat bekerja secara maksimal, masker dengan ukuran yang tidak cocok tentu tidak akan nyaman saat digunakan, bukan? Untuk itu, jangan sembarangan dalam menentukan ukuran masker yang cocok untuk Anda.

baca juga: KPU Padang Catat Sudah 469 KPPS Reaktif Covid-19, Bagaimana Persiapan Pencoblosan?

Cara mengetahui berapa ukuran masker yang cocok untuk Anda yakni dengan mengukur panjang pangkal telinga hingga pangkal hidung. Ukur panjang tersebut menggunakan jari berbentuk L. Apabila ukuran Anda sekitar 12 cm hingga 14.5 cm, masker berukuran normal cocok untuk Anda.

Sebaliknya, Anda perlu membeli masker berukuran kecil jika panjangnya kurang dari angka tersebut. Gunakan juga masker berukuran besar jika panjang pangkal telinga dan hidung mencapai lebih dari 14 cm. Dengan melakukan pengukuran terlebih dahulu, bisa dipastikan Anda nantinya mendapatkan ukuran masker yang benar-benar pas.

4.Pastikan Masker Higienis Mengingat kehadirannya dibutuhkan setiap hari, masker telah menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Hal ini secara tidak langsung, juga membuat Anda bisa dengan mudah membeli masker . Mulai dari di minimarket, supermarket, apotik, hingga penjual di pinggir jalan sekalipun. Agar masker yang Anda gunakan benar-benar higienis, pastikan Anda membeli masker yang telah dibungkus dengan plastik. Dengan begitu, kebersihan masker pun bisa lebih terjaga dan tidak akan mudah terkena debu atau polusi lainnya.

5.Perhatikan Komponen Masker Lainnya Tali menjadi salah satu komponen masker yang perlu Anda perhatikan dengan baik. Cari tahu bahan, tingkat ketebalan, dan kelembutan dari masker yang akan Anda pilih. Menggunakan masker dengan tali yang kasar tentu tidak nyaman. Terlebih jika nantinya akan Anda gunakan sepanjang hari. Untuk mengatasinya, pastikan tali masker yang Anda pilih benar-benar nyaman dan tidak menyakiti telinga Anda, ya.

6.Survei Harga Masker Setelah sudah mengetahui ciri-ciri masker terbaik yang sebaiknya Anda gunakan, kini saatnya Anda mulai melakukan survei harga. Agar bisa mendapatkan harga masker yang terbaik, jangan malas untuk membandingkan harga masker yang satu dan yang lainnya. Bagi Anda yang memang setiap harinya akan bepergian ke luar rumah, sebaiknya Anda membeli masker dengan jumlah yang sekaligus banyak, mulai dari isi 20 hingga 50. Selain lebih hemat, membeli masker dengan jumlah banyak akan lebih memudahkan aktivitas Anda. Tapi ingat, pastikan Anda memperhatikan kualitas dari setiap lembar masker yang dibeli jumlah banyak tadi, ya.

Kelebihan Masker Sensi

Keenam tips memilih masker yang telah disebutkan di atas tentu perlu Anda praktekkan agar mendapatkan kualitas masker yang memang efektif menangkal virus. Diantara beberapa masker yang direkomendasikan untuk Anda, masker sensi menjadi salah satu yang terbaik dan bisa Anda jadikan pilihan. Menariknya, masker ini bisa dengan mudah Anda temukan di pasaran juga, lho. Untuk lebih meyakinkan Anda dalam membeli masker sensi, simak kelebihannya berikut ini.

1.Dilengkapi dengan 3 Lapisan Masker sensi hadir dengan tiga lapisan di dalamnya. Sehingga penggunaan masker ini bisa melindungi Anda dari penyebaran virus serta kelembapan. Tidak hanya itu saja, masker satu ini juga diklaim mampu memberikan perlindungan hingga 95% terhadap bakteri, virus, debu, hingga partikel udara kecil lainnya. Namun, penggunaan masker ini hanya berlaku sekali pakai, ya. Sehingga Anda sebaiknya tidak menggunakan masker yang sama untuk digunakan berhari-hari.

2.Harganya Murah Selain mudah ditemukan di pasaran, masker ini juga dijual dengan harga yang relatif murah dan ramah kantong. Anda tak perlu khawatir akan mengeluarkan bujet yang besar untuk bisa membeli masker yang satu ini. Bahkan, Anda juga bisa dengan mudah menemukan masker sensi yang hadir dalam kemasan dus. Untuk menambah stok persediaan masker di rumah, pembelian masker sensi dalam kemasan dus bisa jadi solusi terbaik.

3.Nyaman Digunakan Masker sensi hadir dengan bentuk yang terbilang cukup besar, penggunaannya pun bisa menutupi area wajah Anda dengan lebih maksimal. Sehingga tidak ada ruang untuk droplet masuk ke dalam tubuh Anda. Tidak hanya itu saja, penggunaan masker ini juga terbilang sangat nyaman. Anda tidak akan merasa sesak sekalipun menggunakannya sepanjang hari. Di sisi lain, masker sensi memang terbuat dari bahan yang lembut dan tidak kasar. Sehingga akan semakin menambah kenyamanan Anda.

4.Hadir dengan Beragam Ukuran Tak hanya tersedia untuk orang dewasa saja, Anda juga bisa menemukan masker sensi yang diperuntukkan khusus untuk anak-anak, lho. Hal ini membuat para ibu tak perlu lagi bingung saat sedang mencari masker untuk buah hati. Menariknya lagi, masker sensi juga menawarkan beberapa motif yang bisa dipilih. Hal ini akan membuat buah hati Anda tampak semakin menggemaskan setiap kali menggunakan masker .

Berdasarkan keempat kelebihan di atas, Anda tidak perlu lagi ragu setiap kali akan membeli masker sensi. Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk berbelanja, masker sensi bisa Anda dapatkan dengan mudah di e-commerce. Di mana Anda bisa membelinya tanpa perlu keluar rumah. Jika beruntung, Anda pun bisa mendapatkan masker dengan harga yang lebih murah, lho.

Cara Menggunakan Masker yang Tepat

Sekalipun sudah menggunakan masker terbaik dengan tingkat keefektifan tinggi, menjadi hal yang sia-sia jika Anda tidak mengetahui bagaimana cara menggunakan masker yang tepat. Langsung saja, yuk simak ulasan berikut.

1.Pastikan Tangan Bersih

Sebelum memutuskan menggunakan masker , pastikan tangan Anda dalam kondisi yang benar-benar bersih. Cuci tangan terlebih dahulu menggunakan air mengalir atau hand sanitizer.

2.Jangan Salah Posisi Jika diperhatikan, masker yang Anda gunakan dilengkapi dengan satu sisi yang keras. Nah, sisi yang keras dan bisa ditekuk ini harusnya berada di posisi atas dan bukan di bawah. Jangan sampai salah posisi, ya.

Bagian masker yang kaku juga sebaiknya Anda tekan agar bisa menyesuaikan bentuk hidung. Selain nantinya bisa meningkatkan kenyamanan Anda, hal ini juga membuat kacamata yang Anda gunakan tidak akan mudah mengenbun.

3.Jangan Terbalik Seperti yang Anda ketahui, masker terdiri dari dua sisi, yakni sisi yang berwarna dan yang tidak. Jangan hiraukan hoax yang mengatakan bahwa masker berwarna berada di dalam. Pasalnya, posisi yang benar yakni sisi masker berwarna berada di bagian luar.

4.Atur Sisi Bawah Masker Pastikan sisi masker yang bagian bawah juga Anda rapikan agar benar-benar menutupi area dagu. Hal ini akan semakin meminimalisir adanya cerah untuk droplet masuk ke tubuh Anda. Meski terkesan sepele, namun pastikan Anda memperhatikan sisi bawah masker ini.

Itu tadi keempat cara menggunakan masker yang baik dan benar. Agar pengguna masker Anda bisa efektif, pastikan Anda tidak salah dalam menggunakan masker . Sebelum digunakan, perhatikan juga kondisi masker tersebut, pastikan bahwa masker yang akan Anda gunakan tidak dalam kondisi yang kotor atau sobek.

Di sisi lain, jangan lupa untuk selalu membawa masker cadangan di dalam tas. Saat masker tidak sengaja basah atau bahkan rusak, Anda bisa langsung menggantinya dengan masker cadangan. Simpan masker cadangan dalam plastik agar tetap dalam kondisi yang bersih. Selain disimpan di dalam tas, tidak ada salahnya jika Anda juga menyimpan masker cadangan di laci kantor. (*)

Editor: Pundi F Akbar