Apa Itu No Bra Day? Harus Tahu Ini Arti, Manfaat dan Kontroversinya

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Setiap tanggal 13 Oktober diperingati sebagai Hari Tanpa Bra sedunia atau No Bra Day. Seperti yang sudah diprediksi, bahwa hari tanpa bra atau #Nobraday langsung menjadi trending topic hari ini.

Penting untuk diperhatikan bahwa peringatan Hari Tanpa Bra atau No Bra Day ini bukan untuk hal vulgar, melainkan sebagai bentuk dukungan Breast Cancer Awareness sedunia. Namun ternyata tidak semua orang tahu asal mula dan maksud peringatan hari tersebut.

baca juga: Jauhi "Dunia Malam", 5 Artis Ini Sekarang Lebih Dekatkan Diri ke Agama

Untuk itu, simak ulasan tentang apa itu No Bra Day di bawah ini.

Apa itu No Bra Day?

baca juga: Kesadaran Gaya Hidup Sehat Meningkat, Ini Dukungan Pemerintah Untuk Industri Jamu dan Sejenisnya

Dilansir dari Awareness Day, gerakan tanpa bra selama sehari ini sebenarnya pertama kali muncul di Amerika Serikat.

Gerakan ini pertama kali diramaikan oleh sebuah situs asal Prancis, yaitu Boobstagram, di mana platform tersebut ingin menyerukan kesadaran akan bahaya kanker payudara bagi seluruh perempuan yang ada di dunia.

baca juga: Benarkah Jantung Anda Sehat? Ketahui dengan Cara Mudah Ini

Kemudian No Bra Day menjadi salah satu kampanye untuk mencapai hal tersebut dengan cara pemeriksaan payudara, mengenali gejala kanker payudara, hingga mendorong perempuan untuk melakukan screening kanker payudara secara teratur.

Kontroversi Gerakan No Bra Day

baca juga: Resmi Pacaran, Ifan Seventeen Bantah Rebut Istri Orang

Gerakan No Bra Day ini ternyata sempat menimbulkan kontroversi bagi sebagian orang. Sebagian orang berpendapat bahwa gerakan No Bra Day tersebut dianggap mengeksploitasi tubuh perempuan dan menjadikannya sebagai objek seksual.

Hal ini terjadi karena kampanye No Bra Day menampilkan banyak foto perempuan tanpa bra dan diunggah ke media sosial.

Kemudian konten foto tanpa bra tersebut disalahgunakan oleh sebagian orang yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan pribadi.

Manfaat Gerakan No Bra Day

Ada pendapat yang mengatakan bahwa mengenakan bra saat tidur tidak menyebabkan seseorang terkena kanker atau menghambat pertumbuhan payudara. Namun tidur tanpa mengenakan bra memiliki sejumlah manfaat.

Seperti di antaranya adalah melancarkan sirkulasi darah, mencegah iritasi kulit, serta mengurangi keringat yang mampu menimbulkan penyakit lain di sekitar payudara seperti gagal-gagal karena bakteri di keringat.

Bagaimanapun juga, sesekali melepas bra memang akan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar dan disarankan untuk tidak memakai bra saat tidur. Namun yang lebih penting, sempatkan untuk melepas bra dan melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri), yaitu salah satu metode deteksi dini kanker payudara yang paling praktis tapi sangat efektif.

Han, demikian penjelasan apa itu No Bra Day yang perlu kalian ketahui agar tidak salah sangka.

Editor: Eko Fajri