Berapasih Jumlah Organ Tubuh Manusia?

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Kekuasaan Tuhan tak ada tandingannya, Dia bisa menciptakan tubuh manusia dengan detail dan kompleks. Dan sejak dulu kala, manusia telah berusaha memahami organ tubuh mereka sendiri untuk mempelajarinya.

Hal ini berawal di zaman Mesir Kuno, orang berusaha mengawetkan organ tubuh manusia. Kemudian, sebuah temuan makam kuno di China diduga merupakan peninggalan anatomi pertama tentang tubuh manusia.

baca juga: Ini Tips Cara Sederhana Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Tapi, penasaran nggak sih ada berapa organ tubuh manusia?

Mengutip Live Science, Senin (12/12/2020), setidaknya ada lima organ penting dalam tubuh manusia yaitu otak, jantung, hati, satu ginjal, dan satu paru-paru. Kehilangan salah satu dari organ vital ini sama dengan kematian.

baca juga: Muhaimin Iskandar: Pajak Pendidikan Tidak Sesuai dengan Tujuan Dasar Bernegara

"Setiap organ berfungsi dan berkontribusi untuk keberlangsungan hidup manusia," ungkap Lisa MJ Lee, Profesor Departemen Sel dan Perkembangan Biologi Fakultas Kedokteran Universitas Colorad.

Tapi tahukah Anda, hebatnya manusia, ia mampu bertahan hidup tanpa selain kelima organ vital itu. Jumlah organ dalam tubuh manusia berbeda setiap orang, namun umumnya menurut Prof. Lee, di tubuh manusia terdapat 78 organ.

baca juga: Termasuk Pajak Sembako dan Jasa Pendidikan, DJP Sebut Ciptakan Keadilan Bagi Masyarakat

Daftar organ itu termasuk di antaranya lidah, perut, tiroid, uretra, pankreas, ditambah banyak organ tunggal atau yang berpasangan lainnya. Tulang dan gigi masing-masing dihitung dalam satu organ.

Penyebutan organ dalam tubuh manusia memang masih kontroversial, apalagi tidak ada kelompok tertentu yang ditugasi untuk menghitung jumlah organ dan memasukkan bagian tubuh dalam kategori organ.

baca juga: Fakultas Teknologi Industri UBH Targetkan Raih Akreditasi Internasional

Prof. Lee bisa saja menyebut kuku atau struktur tubuh yang menopang kuku adalah sebuah organ, termasuk juga gigi sebagai organ manusia.

"Saya akan menganggap setiap tulang sebagai organ, dan 206 tulang secara kolektif, dianggap sebagai sistem organ," tutur Prof. Lee.

Mengingat tulang dikategorikan dalam satu organ dari 78 yang ia sebutkan, maka jumlah 205 organ yang disebutkan para ahli, ditambah 78 organ definisi organ milik Prof. Lee, maka jumlahnya menjadi 284 organ.

Tapi jika setiap gigi dihitung secara terpisah, maka jumlahnya menjadi 315 organ. Belum lagi masih banyak organ selain rangkaian tulang yang bisa masuk kategori organ, seperti ligamen, tendon, maka jumlahnya tidak ada habisnya, bahkan jumlahnya bisa mencapai triliunan.

"Semakin banyak, saya menemukan betapa pentingnya Anda memasukkan asupan yang tepat ke dalam tubuh Anda untuk memberi makan sel, jaringan, dan organ Anda," tutup Prof. Lee.

Editor: Eko Fajri