Timothy, Orang Pertama yang Sembuh dari HIV Meninggal akibat Leukemia

Timothy Ray Brown
Timothy Ray Brown (Youtube)

KLIKPOSITIF - Orang pertama yang sembuh dari human immunodeficiency virus (HI)V pada 2008 silam, Timothy Ray Brown, dilaporkan meninggal dunia akibat kanker yang dideritanya, Rabu (29/9/2020).

Satu tahun sebelum ia dinyatakan bebas dari HIV Brown sempat menjalani operasi transplantasi sumsum tulang untuk menyembuhkan leukemia myeloid akut (AML) di Berlin, Jerman.

Sumsum tulang yang diterimanya berasal dari pendonor yang gennya membawa mutasi langka CCR5-delta 32, yang dapat membuat seseorang secara alami kebal terhadap HIV.

Meski sejak transplantasi Brown terbebas dari virus, namun enam bulan terakhir lelaki asal Amerika ini mengalami kekambuhan leukemia.

Parahnya, dilansir CNN, kanker darah yang dideritanya sudah memasuki tulang belakang dan otaknya.

"Atas nama semua anggotanya dan Dewan Pengurus, International AIDS Society (IAS) mengirimkan belasungkawa kepada pasangan Timothy, Tim, keluarga dan teman-temannya," kata Adeeba Kamarulzaman, presiden IAS.

Kamarulzaman juga berterima kasih kepada dokter yang telah menangani Brown, Gero Htter, karena telah membuktikan bahwa penyembuhan HIV adalah sesuatu yang mungkin.

Berdasarkan UNAIDS, komite bersama untuk program HIV-AIDS di PBB, ada 38 juta orang yang saat ini terinfeksi HIV atau AIDS di seluruh dunia.

Lebih dari dua tahun lalu, Adam Castillejo, yang sebelumnya diidentifikasi sebagai 'pasien London', telah menyelesaikan terapi antiretroviral (ARV), menjadikannya orang kedua yang disembuhkan dari HIV.

Tidak seperti Brown, Castillejo hanya menjalani satu transplantasi sel induk, bukan dua dan tidak menjalani radioterapi ke seluruh tubuh sebagai bagian dari perawatannya.

Baca Juga

Editor: Eko Fajri