Duduk dalam Durasi Lama Membuat Punggung Sakit, Perhatikan Hal Ini

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pekerjaan yang dominan dilakukan denganpose duduk selama berjam-jam sering membuat tubuh kesakitan. Posisi duduk yang buruk bisa menyebabkan tekanan luar biasa pada tulang punggung.

Untuk menghindari siksaan akibat durasi duduk ada sejumlah faktor yang bisa diperhatikan.

baca juga: Fadli Zon: Vaksin Ini Gaib Kayak 'Mobil Itu', Bang Karni Sisakan Kursi Kosong Juga Untuk Menkes

Perhatikan meja dan kursi

Mengutip Medical Daily, Rabu (30/9/2020) meja dan kursi yang digunakan ternyata memainkan peran penting. Coba pilih kursi yang nyaman, dan pastikan untuk menyesuaikan ketinggian agar kaki Anda rata di atas lantai, lalu cobalah duduk tegak.

baca juga: Aliansi Dokter Dunia Sebut Covid 19 Hasil Rekayasa, Satgas Covid-19: Itu Misinformasi

Bantal kecil di belakang punggung bawah akan sangat membantu jika dirasa tidak nyaman. Ingat juga dengan perangkat yang berbunyi sewaktu-waktu mengingatkan untuk duduk tegak, saat tidak sadar punggung membungkuk. Bisa juga mengakalinya dengan menempelkan perangkat di punggung yang akan bergetar saat postur tubuh cenderung membungkuk.

Ingat juga untuk bangun dan bergerak sesekali, seperti mengobrol dengan rekan kerja atau keluarga, pergi minum kopi atau istirahat makan siang. Mirisnya di rumah kita sangat mudah lupa dan tidak sadar sudah duduk di kursi selama berjam-jam.

baca juga: Penelitian: Serumah dengan Anak Kecil Bisa Turunkan Risiko Infeksi Covid-19

Layar monitor

Saat bekerja, pastikan untuk bisa menyesuaikan monitor, keyboard, dan mouse dengan benar untuk mendapatkan postur tubuh yang baik. Pastikan mata Anda harus sejajar dengan garis atas layar Jika Anda merasa mulai tegang, bisa juga diakali dengan mengurangi kecerahan layar agar tidak terlalu memaksa mata. Pencahayaan yang cukup di ruang kerja juga akan membantu meminimalkan ketegangan ketika menatap layar sepanjang hari.

baca juga: P2G: Lapor Mas Nadiem, Sekolah di 19 Provinsi Belum Dapat Kuota Internet Gratis

Mengurangi cedera berulang

Jika merasakan nyeri di pergelangan tangan atau mati rasa, tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk membeli papan ketik, mouse dan alas mouse yang ekonomis untuk meredakan tekanan di pergelangan tangan. Bisa juga melakukan senam pergelangan tangan untuk mengurangi nyeri di pergelangan tangan. Tapi jika mati rasa terus belanjut maka tidak ada salahnya untuk menemui dokter untuk diagnosis lebih lanjut maupun terapi

Editor: Ramadhani