Tak Sekadar Bumbu Dapur, Ini Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan

Bawang Putih
Bawang Putih (net)

KLIKPOSITIF - Bawang putih ternyata mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan . Bahkan kandungannya dianggap bisa menurunkan risiko berbagai penyakit kronis. Dilansir dari Insider, berikut adalah beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan , antara lain:

Meningkatkan Kekebalan

baca juga: Fadli Zon: Vaksin Ini Gaib Kayak 'Mobil Itu', Bang Karni Sisakan Kursi Kosong Juga Untuk Menkes

Bawang putih kaya akan senyawa bergizi yang disebut allicin dan alliinase. Faktanya, allicin dapat membantu bawang putih meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah tinjauan 2015 dari Journal of Immunology menemukan bahwa bawang putih memperkuat sistem kekebalan dengan merangsang sel-sel kekebalan seperti makrofag, limfosit, dan sel pembunuh alami.

"Bawang putih juga dapat membantu mencegah masuk angin dan flu karena sifat antimikroba dan antibiotik tanaman," kata Tracey Brigman, pakar makanan dan nutrisi di University of Georgia. Namun, Brigman mencatat bahwa meskipun beberapa penelitian menunjukkan manfaat bawang putih, namun ada kekurangan bukti kuat bahwa suplemen bawang putih membantu mencegah atau mengurangi keparahan pilek dan flu biasa.

baca juga: Aliansi Dokter Dunia Sebut Covid 19 Hasil Rekayasa, Satgas Covid-19: Itu Misinformasi

Bergizi Tinggi

Satu siung bawang putih mentah mengandung sekitar 14 kalori, 0,57 gram protein, dan sekitar tiga gram karbohidrat. Bahkan satu siung bawang putih mentah yang berukuran cukup kecil juga mengandung vitamin C (2,81 mg), selenium (1,28 mcg), mangan (0,15 mg), dan zat besi (0,15 mg). "Tetapi konsentrasinya tidak sekuat yang kita pikirkan," kata Tom Holland, MD, seorang ilmuwan dokter di Rush University Medical Center. Tetapi, Anda tidak boleh menambahkan terlalu banyak bawang putih ke dalam makanan Anda.

baca juga: Penelitian: Serumah dengan Anak Kecil Bisa Turunkan Risiko Infeksi Covid-19

Meningkatkan Kesehatan JantungSebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam Experimental and Therapeutic Medicine menemukan bahwa mengonsumsi dua kapsul ekstrak bawang putih sehari selama dua bulan dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan kekakuan arteri pada penderita hipertensi. "Bawang putih tampaknya memberikan perlindungan keseluruhan untuk jantung Anda," kata Brigman.Mengurangi Risiko Kanker

Menurut Brigman, bawang putih merupakan sumber fitokimia yang baik dan dapat membantu memberikan perlindungan dari kerusakan sel dan menurunkan risiko kanker. Fitokimia adalah senyawa dalam sayuran dan buah-buahan yang terkait dengan penurunan risiko penyakit kronis. Ada beberapa bukti bahwa mengonsumsi fitokimia melalui bawang putih dapat memiliki efek antikarsinogenik dan berpotensi menurunkan risiko kanker lambung dan kolorektal.

baca juga: P2G: Lapor Mas Nadiem, Sekolah di 19 Provinsi Belum Dapat Kuota Internet Gratis

Editor: Ramadhani