Alat Tes COVID-19 Cepat Seharga Rp74 Ribu Akan Dipasok ke Seluruh Dunia

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Sebuah alat tes Covid-19 dari dua perusahaan yang dapat menunjukkan hasilnya dalam waktu 15 hingga 30 menit akan segera didistribusikan ke seluruh dunia.

Menurut ilmuwan yang mengembangkannya, tes antigen cepat ini berpotensi menyelamatkan ribuan nyawa dan memperlambat pandemi di negara miskin dan kaya.

baca juga: Produknya Diboikot, Pemimpin-pemimpin Eropa Beri Dukungan Presiden Prancis

Melansir The Guardian, total alat yang akan dipasok sejumlah 120 juta dan dibanderol dengan harga 5 USD (Rp74,5 ribu) atau kurang dari itu.

Alat tes tersebut terlihat seperti tes kehamilan, dengan dua garis biru akan muncul apabila seseorang positif virus corona .

baca juga: Demo di Patung Kuda, Ini 7 Ultimatum Mahasiswa pada Jokowi - Ma'ruf

Satu tes, dari perusahaan Korea Selatan SD BioSensor, telah mendapat izin darurat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan lainnya, dari perusahaan Amerika Serikat Abbott, diharapkan akan segera mendapatkannya juga.

Tes antigen cepat ini dinilai memiliki kualitas tinggi, lebih mudah, dan lebih murah, sehingga dapat digunakan untuk pemeriksaan di lingkungan pendidikan dan tempat kerja.

baca juga: Fadli Zon: Vaksin Ini Gaib Kayak 'Mobil Itu', Bang Karni Sisakan Kursi Kosong Juga Untuk Menkes

Perusahaan mengklaim alat tes mereka sekitar 97 persen akurat, tetapi itu dalam kondisi optimal.

Negara-negara kaya yang telah mendaftar ke Access to Covid Tools Initiative atau akselerator akses peralatan Covid-19 (ACT Accelerator), seperti Inggris, dapat memesan alat tes ini.

baca juga: Swalayan di Timur Tengah Mulai Boikot Produk Prancis, Etalase Kosong

Di sisi lain, sebenarnya ada tes antigen cepat yang tersedia dan dijual secara online, tetapi alat ini adalah yang pertama memenuhi spesifikasi WHO.

Editor: Eko Fajri