Mana yang Lebih Penting Untuk Tingkatkan Sistem Kekebalan, Vitamin C atau D? Ini Jawabnya

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Vitamin adalah nutrisi penting yang butuhkan tubuh agar berfungsi dengan baik dan tetap sehat. Anda bisa mendapatkan nutrisi ini dengan mengonsumsi makanan seimbang, tapi ada pula yang mengonsumsi suplemen tambahan.

Ahli gizi terkemuka, Rhiannon Lambert telah bekerja sama dengan merek air kelapa Vita Coco untuk mengajari orang Inggris tentang cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

baca juga: Banyak Masyarakat Tak Percaya, Ketua Satgas: Covid-19 Bukan Konspirasi

Rhiannon mengatakan seseorang bisa melakukan beberapa langkah pendukung ketika tidak bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

"Tubuh manusia itu kompleks dengan banyak reaksi biokimia yang terjadi sepanjang waktu, fungsinya untuk melindungi kita dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh," jelas Rhiannon dikutip dari Express.

baca juga: Fadli Zon: Vaksin Ini Gaib Kayak 'Mobil Itu', Bang Karni Sisakan Kursi Kosong Juga Untuk Menkes

Meskipun Anda tidak bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Anda bisa mendukung kekebalan tubuh dengan menjalani gaya hidup sehat.

Selain tidur malam yang cukup, konsumsi makanan seimbang, mengelola stres dengan olahraga dan mengonsumsi vitamin yang dibutuhkan tubuh bisa mendukung sistem kekebalan.

baca juga: Aliansi Dokter Dunia Sebut Covid 19 Hasil Rekayasa, Satgas Covid-19: Itu Misinformasi

Tapi, vitamin C atau vitamin D yang bisa mendukung sistem kekebalan tubuh?

Ada banyak bukti bahwa vitamin yang bisa mendukung sistem kekebalan tubuh, termasuk vitamin C dan D. Tapi menurut Rhiannon, vitamin yang mendukung sistem kekebalan tubuh adalah vitamin A, C, D dan E, folat, vitamin B6 dan B12, beta karoten, zat besi, riboflavin, selenium hingga seng.

baca juga: Penelitian: Serumah dengan Anak Kecil Bisa Turunkan Risiko Infeksi Covid-19

Anda bisa mendapatkan sebagian nutrisi tersebut dalam bentuk suplemen atau makanan yang dikonsumsi. Tapi, vitamin C dan D adalah dua nutrisi yang paling penting bagi tubuh.

Vitamin C dikenal sebagai vitamin kekebalan. Saat seseorang jatuh sakit, maka tubuh akan menggunakan lebih banyak vitamin C untuk membantu meringankan rasa sakit.

Sayangnya, banyak orang tidak menyadari dirinya kekurangan vitamin Vselama 4 hingga 6 bulan. Padahal kondisi ini bisa menyebabkan kelelahan, kelemahan, nyeri sendi dan otot.

Sedangkan, vitamin D juga berperan dalam kekebalan. Menurut NHS, penting untuk memiliki kadar vitamin D yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh.

Artinya, vitamin D bisa mendukung sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari atau makanan yang dikonsumsi.

Orang cenderung kekurangan vitamin D dan kadarnya akan turun drastis di musim dingin karena matahari jarang terlihat.

Tapi, Rob Hobson, Konsultan Nutrisi untuk FLORA mengatakan Anda bisa meningkatkan asupan vitamin D dengan mengonsumsi telur, ikan dan jamur.

Editor: Eko Fajri