Berapa Asupan Ideal Vitamin E untuk Tubuh?

KLIKPOSITIF - Asupan vitamin E bisa didapat dari mengonsumsi beberapa jenis makanan seperti minyak sayur, sayuran hijau seperti bayam, sereal dengan kandungan nutrisi tambahan, telur, hingga kacang-kacangan.

Meski begitu Medical Manager PT Darya-Varia Laboratoria Tbk dr. Michael Reo mengungkapkan bagaimana asupan vitamin E melalui makanan tidak mencukupi kadar yang dibutuhkan oleh tubuh.

baca juga: Studi: Kecemasan Selama Covid-19 Berpengaruh Terhadap Citra Tubuh

Oleh sebab itu, banyak masyarakat mencoba mendapatkan tambahan asupan vitamin E dengan mengsumsi suplemen.

Kata Reo, suplemen vitamin E yang berasal dari bahan alami (d-alpha-tocopherol) seperti ekstrak biji gandum dan ekstrak biji bunga matahari, dua kali lebih baik diserap oleh tubuh dibanding vitamin E yang sintetis (dl-alpha-tocopherol).

baca juga: Gigi Berlubang Ternyata Bisa Menular

"Penyerapan asupan vitamin E alami ini akan lebih nyaman dan efektif ketika dikonsumsi dalam bentuk kapsul lunak atau sering disebut soft capsule," kata Reo melalui siaran tertulis yang diterima Suara.com, Minggu (27/9/2020).

Diperlukan dosis yang aman dan efektif untuk mendapatkan manfaat vitamin E dalam memelihara kesehatan kulit dan menjaga daya tahan tubuh. Misal kata Reo, vitamin E dengan dosis 100 IU (International Units) sangat direkomendasikan untuk mereka yang memiliki masalah kulit seperti kulit kusam dan berjerawat yang biasanya dialami pada usia di bawah 25 tahun.

baca juga: Selain untuk Kesuburan Pria, Ini Manfaat Taoge

Sementara itu, untuk mereka yang memiliki kulit yang mudah kering atau kering karena berbagai macam aktifitas padat di dalam dan di luar ruangan, dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin E dengan dosis 300 IU perbharinya.

"Kondisi kulit seperti ini biasanya dialami pada usia di atas 25 tahun," tambah Reo. Diketahui sebelumnya, dosis maksimal vitamin E per hari adalah 400 IU yang telah ditetapkan Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia atau BPOM.

baca juga: Ini 6 Jenis Vaksin yang Diperlukan Orang Dewasa

Editor: Fitria Marlina