Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan yang Harus Anda Ketahui!

Vitamin E
Vitamin E (Ist)

KLIKPOSITIF - Vitamin E merupakan salah satu nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa vitamin E merupakan antioksidan yang bermanfaat membantu melindungi sel tubuh termasuk sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Asupan vitamin E bisa didapat dari mengonsumsi beberapa jenis makanan seperti minyak sayur, sayuran berwarna hijau seperti bayam, sereal dengan kandungan nutrisi tambahan, telur, dan juga kacang-kacangan.

baca juga: Studi: Kecemasan Selama Covid-19 Berpengaruh Terhadap Citra Tubuh

Namun menurut Medical Manager PT Darya-Varia Laboratoria Tbk, dr. Michael Reo, asupan vitamin E melalui makanan tidak mencukupi kadar yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, ia mengatakan tambahan asupan suplemen vitamin E dengan merupakan hal yang sangat direkomendasikan.

Dokter Reo juga menjabarkan manfaat vitamin E saat kita mendapatkan dosis yang tepat. Apa saja? Berikut jabarannya!

baca juga: Gigi Berlubang Ternyata Bisa Menular

1. Antioksidan

Kulit yang tidak sehat (kering, kusam, kasar), merupakan contoh kulit yang kekurangan kadar vitamin E. Sebagai antioksidan, vitamin E dapat mencegah proses oksidasi oleh radikal bebas seperti sinar ultraviolet dari matahari, polusi, debu, AC, asap hingga kendaraan bermotor.

baca juga: Selain untuk Kesuburan Pria, Ini Manfaat Taoge

Vitamin E juga menangkap radikal bebas peroxyl yang merupakan hasil peroksidasi asam lemak tidak jenuh. Vitamin E juga berfungsi menjaga stabilitas dan integritas membran sel-sel kulit serta melindungi komponennya dari toksisitas berbagai macam obat, logam berat dan zat kimia lain yang membentuk radikal bebas.

2. Pelindung dari sinar Matahari

baca juga: Ini 6 Jenis Vaksin yang Diperlukan Orang Dewasa

Vitamin E juga memiliki fungsi sebagai pelindung terhadap sinar matahari. Vitamin E yang diaplikasikan ke kulit dapat menyerap sinar UV berbahaya yang dipancarkan matahari. Peningkatan efek Photoprotective yang dihasilkannya, membuat tubuh dapat meminimalisasi kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV. Hal ini dapat membantu mencegah terbentuknya bintik hitam dan juga kerutan.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Vitamin E terbukti bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh atau imunitas. Dalam hal daya tahan tubuh, vitamin E berfungsi menjaga keutuhan struktur kulit (Epidermal Barrier) agar mencegah masuknya mikroorganisme (virus dan bakteri) ke dalam tubuh.

Vitamin E juga mengaktifkan sistem imunitas tubuh seperti meningkatkan aktifitas antibodi serta sel pembunuh alami dalam melawan benda asing (virus dan bakteri) yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, vitamin E juga membantu mencegah kerusakan sel-sel daya tahan tubuh dari radikal bebas sehingga sel-sel daya tahan tubuh dapat berfungsi dengan baik dalam melawan virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh kita. (*)

Editor: Fitria Marlina