Nyeri Punggung Akibat Lama Duduk, Ini Cara Sederhana Mengatasinya

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Duduk terlalu lama sering membuat punggung terasa nyeri. Hal ini sering dialami oleh pekerja kantoran. Sumber rasa sakitnya dapat berasal dari ligamen, persendian, dan otot, atau bisa juga psikososial akibat stres dan otak yang salah membaca pesan dari otot dan saraf di punggung.

Kondisi ini dapat meningkatkan nyeri punggung, baik secara fisik maupun akibat stres. Dilansir Body and Soul, berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang sakit punggung akibat terlalu lama duduk:

baca juga: Fadli Zon: Vaksin Ini Gaib Kayak 'Mobil Itu', Bang Karni Sisakan Kursi Kosong Juga Untuk Menkes

Postur tubuh memang penting tetapi bukan satu-satunya penyebab nyeri

Banyak nyeri punggung yang disebabkan oleh postur tubuh. Namun bukan karena postur buruk yang menjadi penyebabnya, melainkan postur yang tidak biasa mereka lakukan. Jika seseorang dengan postur tubuh yang baik menghabiskan waktu lama dalam posisi bungkuk, persendian dan ototnya akan menjadi nyeri. Ini juga berlaku sebaliknya. Bahkan, seringkali mencoba memperbaiki postur tubuh dari buruk menjadi baik, bisa lebih meningkatkan nyeri punggung.

baca juga: Aliansi Dokter Dunia Sebut Covid 19 Hasil Rekayasa, Satgas Covid-19: Itu Misinformasi

Perhatikan tubuh

Saat otot atau ligamen kelebihan beban, Anda bisa merasakannya. Anda biasanya akan merasakan semburan nyeri kecil saat bergerak dengan cara tertentu, nyeri yang dalam, atau rasa tegang pada otot. Ini adalah tanda pertama bahwa ada sesuatu yang perlu diubah karena otot atau ligamen tidak sesuai dengan postur atau posisi saat itu atau aktivitas yang Anda lakukan.

baca juga: Penelitian: Serumah dengan Anak Kecil Bisa Turunkan Risiko Infeksi Covid-19

Hindari punggung atas yang kaku

Punggung atas atau tulang belakang dada adalah bagian yang paling sedikit bergerak karena hubungannya dengan tulang rusuk. Tapi, area ini merupakan bagian punggung yang akan menegang terlebih dahulu, kemudian leher dan punggung bawah akan mengimbangi sehingga menyebabkan rasa sakit. Cara menghindarinya adalah tidur telentang dengan gulungan handuk ditempatkan di sekitar tulang belikat. Coba tahan posisi ini selama 20-30 detik setiap hari setelah bekerja.

baca juga: Ini Cara Membuat Donat Empuk dan Mengembang Sempurna

Miringkan layar komputer agar tidak membungkuk

Ketahui ketinggian layar yang Anda butuhkan. Beri dudukan di bawah laptop lebih baik daripada Anda harus membungkuk. Hal ini akan membuat Anda duduk tegak sehingga layar sejajar dengan mata. Manfaat lainnya dari pengaturan ini adalah membuat mata tidak tegang.

Editor: Ramadhani