Sering Memencet Komedo di Wajah, Awas Bahaya Ini

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Kebiasaan memencet komedo yang ada di wajah ternyata bisa menyebabkan masalah kulit. Saat seorang memencet komedo di wajahnya dia merasakan sebuah kepuasan tersendiri setelah sukses menghilangkan komedo. Hal ini bisa menyebabkan kecanduan.

"Setiap kali mereka melakukannya, otak melepaskan sedikit dopamin dan itu adalah jenis neurotransmitter yang juga dilepaskan pada banyak perilaku adiktif," ungkap Dr. Michelle Henry, Instruktur Klinis Dermatologi di Weill Medical College, dilansir dari Clinique.

Henry memaparkan, dopamin secara langsung memengaruhi emosi serta sensasi Anda terhadap kesenangan dan rasa sakit. Kondisi tersebut, terang Henry, mengontrol pusat penghargaan otak yang menjelaskan mengapa memencet komedo sangat membuat ketagihan dan begitu sulit dihentikan.

baca juga: Fadli Zon: Vaksin Ini Gaib Kayak 'Mobil Itu', Bang Karni Sisakan Kursi Kosong Juga Untuk Menkes

Sayangnya, perlu diketahui jika kebiasaan memencet komedo pada dasarnya dapat merusak kulit. Setiap sesi memencet akan menyebabkan kerusakan kulit. Jadi, bisa dibayangkan seberapa parah dampaknya jika dilakukan rutin setiap hari.

"Memencet, menarik, atau mendorong, semua itu dapat meregangkan elastisitas di selitar pori-pori, yang membuatnya semakin lebar dan besar, dan tak akan kembali ke bentuk semula," kata Henry.

baca juga: Aliansi Dokter Dunia Sebut Covid 19 Hasil Rekayasa, Satgas Covid-19: Itu Misinformasi

Pada akhirnya, kebiasaan memencet komedo merusak kulit dengan cara menyebabkan peradangan, hiperpigmentasi, dan jaringan parut. Henry juga mengatakan, "Memencet juga dapat memasukkan bakteri, minyak, dan kotoran dari tangan ke pori-pori, yang dapat menyebabkan lebih banyak komedo."

Editor: Ramadhani