Mau Cepat Hamil? Simak 5 Tips yang Perlu Dilakukan

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Bagi sebagian pasangan, kehamilan merupakan sesuatu yang diidam-idamkan. Dalam artikel kali ini, akan dibahas tips cepat hamil dengan cara meningkatkan peluang kehamilan.

Kehamilan terjadi ketika sel telur yang dibuahi oleh sperma berhasil tertanam di dalam lapisan rahim. Hasil pembuahan inilah yang nantinya akan menjadi janin.

baca juga: Menurut Ahli, Ini Lama Waktu yang Dibutuhkan Untuk Mengubah Kebiasaan

Kehamilan merupakan kondisi umum yang dapat terjadi pada wanita dalam usia reproduktif. Namun, pada beberapa kasus, kondisi ini baru dapat terwujud setelah dilakukannya serangkaian upaya ekstra.

Berikut ini tips cepat hamil yang dirangkum dari berbagai sumber.

baca juga: Karena Hal Ini, Bupati dan Kapolres Pessel Batal Divaksin Covid-19

1. Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi organ reproduksi istri dan suami. Jika organ reproduksi kedua pihak dalam kondisi normal maka peluang terjadinya kehamilan akan tinggi, begitu pula sebaliknya.

baca juga: Direktur SDM Sebut Ada Pegawai RSUP M Djamil Padang Positif Covid-19

Hal ini karena organ reproduksi yang normal akan menghasilkan sperma dan sel telur yang baik. Selain itu, pemeriksaan kesehatan ini juga dapat membantu pasangan untuk mengetahui langkah yang harus dilakukan selanjutnya apabila kondisi organ reproduksi ternyata dalam keadaan kurang baik.

2. Gaya Hidup Sehat

baca juga: Ada Dua Jenis Lemak Perut, Mana yang Lebih Susah Dihilangkan?

Tips cepat hamil berikutnya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Upaya ini perlu dilakukan untuk menjaga kualitas sel telur dan sperma. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam menerapkan gaya hidup sehat.

Pertama, Anda dan pasangan perlu mengonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin dan mineral tinggi. Kedua, hindarilah kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi alkohol. Selain itu, berolahraga secara teratur juga merupakan aktivitas yang tak kalah penting untuk dilakukan.

3. Masa Subur

Mengetahui masa subur wanita akan membantu menghitung peluang kehamilannya. Jika melakukan hubungan intim pada fase subur ini, peluang kehamilan dapat meningkat.

Fase ini terjadi sekitar 14 hari setelah hari pertama menstruasi. Pasangan dapat menghitung sendiri masa subur sang wanita berdasarkan siklus haid ini.

Namun, masa subur ini dapat bergeser karena banyak faktor, seperti kelelahan ataupun stres. Jika tips ini belum memberikan hasil, Anda dan pasangan dapat menyimak tips selanjut.

4. Frekuensi Hubungan Intim

Tips cepat hamil selanjutnya akan semakin memperbesar peluang kehamilan. Pasangan yang ingin merencanakan kehamilan disarankan melakukan hubungan intim secara teratur, setidaknya 2 -- 3 kali seminggu. Dengan menerapkan tips ini, upaya Anda dan pasangan untuk mewujudkan kehamilan akan semakin efektif.

5. Kondisi Psikologis

Salah satu faktor yang dapat menghalangi kehamilan adalah kondisi psikologis Anda dan pasangan. Pasalnya, kondisi mental seperti stres dan panik yang berlebihan juga dapat mempengaruhi kondisi fisik tubuh. Anda dan pasangan perlu mengelola stres dengan baik agar tubuh tetap dalam kondisi yang fit.

Terdapat beberapa kegiatan yang cukup efektif untuk mengembalikan energi positif dalam diri Anda dan pasangan, seperti bermeditasi, liburan, berolahraga, dan melakukan hobi yang disenangi.

Editor: Eko Fajri