Optimalkan Kepesertaan, BPJS Kesehatan Sosialisasi dengan Perangkat Nagari Pasaman Barat

Sosialisasi BPJS Kesehatan bersama Perangkat Nagari Pasaman Barat
Sosialisasi BPJS Kesehatan bersama Perangkat Nagari Pasaman Barat (Ist)

KLIKPOSITIF - BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada perwakilan perangkat Nagari se Kabupaten Pasaman Barat.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman yang sama tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional -- Kartu Indonesia Sehat (JKN -- KIS) khususnya implementasi Peraturan Presiden No. 75 Tahun 2019 tentang Peruabahan atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

baca juga: 1.817 Pegawai Non ASN di Pemkab Solok Sudah Terdaftar di BP Jamsostek

"Perangkat Nagari merupakan ujung tombak pemerintahan yang berhubungan langsung dengan masyarakat selama 24 jam. Hal initentu memiliki resiko terkait kesehatan dalam melaksanakan tugasnya. Sehingga kami bersama Pemerintah Daerah berkewajiban untuk memastikan semua perangkat Nagari terdaftar menjadi peserta JKN- KIS sesuai dengan ketentuan yang berlaku.Prinsipnya JKN -- KIS ini gotong royong, dimana iuran yang terkumpul digunakan untuk pembiayaan pelayanan kesehatan peserta JKN -- KIS yang sedang mengalami sakit. Menjadi peserta JKN -- KIS tidak hanya ketika sakit saja. Kita tidak tahu kapan kita akan sakit. lebih lanjut kami mengharapkan dukungan dan kerjasamanya dalam mengoptimalkan pelaksanaan program JKN-KIS di Kabupaten Pasaman Barat," ujar Kepala BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Pasaman Barat Vivi Farianti melalui rilis yang diterima KLIKPOSITIF .

Lebih lanjut Vivi menjelaskan penyesuaian iuran Program JKN -- KIS yang tercantum dalam Perpres No. 75 Tahun 2019 berdampak positif terhadap penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional -- Kartu Indonesia Sehat (JKN -- KIS). Penyesuaian tersebut akan mendukung kesinambungan Program JKN-KIS.

baca juga: Iuran BPJS Kesehatan Anda Menunggak? Bayar Segera, Ada Program Keringanan Pembayaran Tunggakan

"Penyesuaian iuran yang tercantum dalam Perpres No. 75 Tahun 2019 khususnya segmen peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) kita ketahui dan pahami bersama dalam rangka menjaga kesinambungan program JKN-KIS. Melalui kegiatan sosialisasi ini, kami berharap Walinagari dapat turut menyalurkan informasi JKN -- KIS kepada masyarakat. Jangan mudah percaya beritaHoaxyang beredar di masyarakat," ujar Vivi.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Kepala BPKD Kabupaten Pasaman Barat, Teguh Suprianto menyampaikan, kegiatan pertemuan sosialisasi ini sebagai upaya Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kesejahteraan perangkat Nagari

baca juga: BPJS Kesehatan dan PWI Agam Bagikan Ratusan Masker kepada Jamaah Shalat Jumat di Masjid

Editor: Khadijah