Wajib Tahu, Ini 10 Tanda Ibu Akan Melahirkan

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Ketika usia kehamilan masuk trimester tiga, setiap ibu hamil pasti mulai memikirkan tentang persalinan . Jadi penasaran, apa saja tanda ibu akan melahirkan?

Setiap ibu hamil akan mengalami tanda akan melahirkan yang berbeda-beda. Meski begitu, ada tanda-tanda umum seorang ibu akan melahirkan, misalnya sakit punggung, kontraksi, hingga diare dan muntah.

baca juga: Bunda Harus Tahu, Ini 15 Cara Memperbanyak ASI dengan Mudah dan Alami

Sementara itu, air ketuban pecah tidak selalu jadi gejala akan melahirkan. Dikutip dari Mirror, menurut WebMD, hanya 15 persen wanita yang memulai persalinan dengan air ketuban pecah.

Tapi secara umum, ini dia 10 tanda yang bisa saja terjadi saat ibu akan melahirkan.

baca juga: Kapan Keluarga Muda Harus Mulai Menabung Dana Pendidikan Anak?

1. Sakit punggung bagian bawah

Sakit punggung terjadi pada awal persalinan . Rasa sakit itu bisa semakin tidak nyaman dan menyakitkan seiring waktu. Posisi bayi dapat menyebabkan banyak tekanan pada tulang ekor ibu, itulah yang menyebabkan perasaan tidak nyaman menjelang kelahiran.

baca juga: Orangtua Kenali Keterlambatan Perkembangan Gerak Anak, Wajib Lakukan Ini

2. Lebih sering menggunakan toilet

Meningkatnya kebutuhan untuk buang air kecil ini bisa disebabkan oleh gerakan kepala bayi yang turun ke panggul. Ini memberi lebih banyak tekanan pada kandung kemih.

baca juga: Studi: Sekolah di Rumah Justru Tingkatkan Depresi dan Bunuh Diri Anak

3. Mendadak ingin membersihkan rumah

Jika bangun pada suatu pagi dan memutuskan untuk membersihkan diri secara tiba-tiba, bisa jadi ibu hamil ingin menyiapkan tas untuk pergi ke rumah sakit.

Sensasi ini disebut nesting atau dorongan untuk membersihkan rumah atau mencuci pakaian bayi . Tepat sebelum persalinan dimulai, ibu mungkin merasa perlu untuk mulai merapikan tempat untuk bayinya.

4. Berat badan tertumpu di daerah panggul

Beberapa wanita dapat mengalami pembengkakan vulva saat persalinan dan beberapa mungkin mengalami varises di vulva dan rektum. Ini karena peningkatan berat badan bayi dan jumlah cairan serta peningkatan volume darah dan pengaruh hormonal.

5. Merasa lebih ringan

Sementara beberapa wanita merasakan berat di panggul, yang lainnya bisa merasa jauh lebih ringan. Bentuk perut bahkan akan terlihat berbeda dan terlihat jauh lebih rendah. Itu karena bayi sudah siap untuk lahir.

6. Perasaan bahwa sesuatu akan terjadi

Banyak wanita mengaku merasakan bahwa persalinan mereka akan segera dimulai. Sementara beberapa orang mungkin telah memimpikan momen tersebut, yang lain mungkin menghindari keluar rumah untuk berjaga-jaga jika saatnya tiba. Berada dalam jarak dekat dari rumah juga dapat membuat mereka merasa lebih nyaman.

7. Nyeri serviks

Jika area ini mulai terasa tidak nyaman, itu karena serviks melunak dan melebar. Pada dasarnya, hal itu terjadi karena peregangan persiapan melahirkan.

8. Kontraksi palsu yang lebih teratur

Kontraksi palsu atau Braxton hicks adalah kombinasi dari kontraksi sporadis dan relaksasi otot uterus. Ini hanya cara tubuh untuk bersiap-siap persalinan . Saat waktu lahir semakin dekat, kontraksi akan lebih teratur dan sering.

9. Bangun lebih sering

Ibu hamil mungkin merasa sulit untuk tenang di malam hari atau mungkin bangun lebih sering dari biasanya. Meskipun mungkin tidak mengalami gejala fisik, tubuh akan mempersiapkan diri untuk menghadapi apa yang akan datang. Ibu hamil mungkin merasa sedikit lebih sensitif.

10. Keluar lendir

Sebelum melahirkan, ibu hamil mungkin melihat beberapa lendir di celana dalamnya. Itu adalah sumbat lendir yang ditahan di leher rahim untuk melindungi bayi dari infeksi. Artinya, serviks mulai melunak dan mungkin sedikit terbuka. Kondisi itu bisa terjadi pada dua minggu sebelum persalinan dimulai.

Editor: Eko Fajri