Penelitian Ungkap Makanan Berlemak Bisa Picu Jerawat

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan secara online pada 10 Juni di JAMA Dermatology, makanan yang kaya akan produk hewani serta makanan berlemak dan bergula dikaitkan dengan jerawat orang dewasa.

Dilansir dari Medical Xpress, Laetitia Penso, dari University of Paris, dan rekan menilai hubungan antara perilaku diet dan jerawat saat ini pada orang dewasa. Mereka menggunakan data survei dari 24.452 peserta (usia rata-rata, 57 tahun; 75 persen wanita) dalam studi NutriNet-Sant.

baca juga: Tak Sekadar Bumbu Dapur, Ini Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan

Para peneliti menemukan bahwa 46 persen peserta melaporkan jerawat di masa lalu atau saat ini. Ditemukan ada hubungan yang signifikan antara jerawat saat ini dengan konsumsi produk berlemak dan bergula seperti minuman manis dan susu.

Sehinnga pola diet padat energi ini (konsumsi tinggi produk berlemak dan bergula) dikaitkan dengan jerawat saat ini (aOR, 1,13; CI 95 persen, 1,05 hingga 1,18).

baca juga: Politisi PDI Perjuangan: Jangan Ada Justifikasi Masker Scuba atau Masker Kain

"Studi skala besar lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki lebih dekat hubungan antara diet dan jerawat yang mungkin bermanfaat dalam pencegahan dan pengelolaan jerawat ," tulis para penulis penelitian.

Dikutip dari Healthline, hampir semua jerawat di usia dewasa disebabkan oleh peradangan dan pori-pori yang tersumbat . Terkadang kondisi ini menurun dalam keluarga, tetapi meskipun demikian, biasanya ada satu atau lebih pemicu yang menyebabkan munculnya jerawat.

baca juga: DPR Minta Pemerintah Turunkan Harga Tes Swab

Selain genetik, pemicu jerawat usia dewasa bisa saja hormon, iritasi, alergi makanan hingga obat yang dikonsumsi.

Editor: Ramadhani