Pusing Saat Berdiri? Ketahui Dulu Apa Sebenarnya yang Anda Alami

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Pernahkah kamu merasa pusing saat berdiri setelah bangun tidur? Ya, fenomena ini sebenarnya cukup umum dialami oleh banyak orang.

Dalam dunia medis fenomena itu dikenal dengan istilah hipotensi ortostatik. Tapi apa sebenarnya yang terjadi dan penyebabnya?

baca juga: Tak Sekadar Bumbu Dapur, Ini Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan

Dilansir dari Harvard Health Publishing, ini terjadi darah menggenang di kaki saat Anda berdiri, dan tubuh membutuhkan waktu beberapa saat untuk mengimbanginya.

Cara tubuh mengimbanginya ialah dengan memeras darah dari pembuluh darah besar di kaki Anda dan sedikit meningkatkan detak jantung. Pusing bisa menyerang setelah Anda makan, karena pencernaan mengalihkan aliran darah dan bisa menurunkan tekanan darah Anda.

baca juga: Politisi PDI Perjuangan: Jangan Ada Justifikasi Masker Scuba atau Masker Kain

"Jika sesekali atau ringan, ini tidak perlu ditangani secara agresif," kata Dr. Christian Ruff, ahli jantung di Rumah Sakit Wanita dan Brigham yang berafiliasi dengan Harvard. "Tapi jika Anda merasa bisa jatuh atau itu merusak kualitas hidup Anda, maka Anda harus dievaluasi."

Jika pusing saat mengubah posisi ringan atau sesekali, Anda dapat mengambil beberapa langkah praktis untuk mencegahnya, salah satunya dengan memeriksan obat-obatan.

baca juga: DPR Minta Pemerintah Turunkan Harga Tes Swab

Berbagai macam obat dapat menurunkan tekanan darah. "Itu berkontribusi pada sejumlah besar kasus yang saya lihat," kata Dr. Ruff. Ini dapat membantu menurunkan dosis atau berhenti minum obat yang tidak benar-benar Anda butuhkan — setelah berkonsultasi dengan dokter Anda, tentunya.

Pemicu umum lainnya adalah dehidrasi. Sebagian besar darah Anda adalah air, dan volume dalam sistem Anda bisa turun dalam semalam dan menurunkan tekanan darah Anda.

baca juga: Ingin Kulit Wajah Lebih Sehat, Ini Cara Alami Mengatasi Jerawat

Ini membantu menjelaskan mengapa pusing saat bangun dari tempat tidur sangat umum. Minum banyak air sebelum tidur bukanlah solusi terbaik, karena dapat membuat Anda berlomba ke kamar mandi di malam hari. Tunggu sampai Anda bangun untuk mulai minum, dan cukup minum sepanjang hari.

Selanjutnya coba mulai bangun perlahan. Setelah tidur, duduk dalam waktu lama, atau makan makanan lengkap, luangkan waktu Anda untuk berdiri. Mungkin membantu untuk mengencangkan otot kaki Anda sebelum berdiri untuk mendorong darah yang terkumpul ke dalam sistem Anda.

Jika pusing muncul setelah makan, cobalah makan dengan porsi kecil tapi lebih sering. Mungkin juga membantu untuk membatasi berapa banyak karbohidrat yang dicerna dengan cepat yang Anda makan dalam sekali makan, seperti roti putih dan makanan lain yang dibuat dengan tepung olahan, nasi putih, kentang, dan minuman manis.

Sedikit olahraga ringan di pagi hari juga dapat membantu melancarkan aliran darah dan meningkatkan tekanan darah. Selain itu, hindari berdiri di tempat atau duduk terlalu lama, karena ini meningkatkan pengumpulan darah di kaki.

Jika Anda pernah kehilangan kesadaran saat berdiri, bahkan untuk sesaat, atau jika Anda jatuh, segera beri tahu dokter. Obat-obatan tersedia untuk mengobati hipotensi ortostatik jika perlu. Tapi coba dulu hal-hal yang mudah.

"Seringkali banyak hal kecil, dan seringkali jika Anda membuat perubahan kecil di beberapa area Anda membuatnya lebih baik sehingga Anda tidak perlu menggunakan obat," kata Dr. Ruff.

Editor: Eko Fajri