Sudah Siapkah Pasanganmu Berkomitmen dalam Hubungan Asmara? Kenali Dulu 5 Tanda Ini

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Komitmen merupakan hal penting dalam hubungan asmara . Namun, bagaimana caranya mengetahui kalau pasanganmu memang telah siap berkomitmen?

Seorang konselor bernama Sara Kuburic mengatakan, komitmen menjadi sesuatu yang sangat penting bagi orang-orang karena menjelaskan harapan dan batasan.

baca juga: Riset Ungkap Obat Kumur Bisa Bantu Nonaktifkan Virus Penyebab Covid-19

"Sebagai imbalannya, batasan dan harapan yang jelas memberikan rasa aman dan keterikatan," ujar Kuburic kepada Elite Daily.

Senada dengan pendapat itu, seksolog Shan Boodram menjelaskan komitmen ibarat jabatan dalam sebuah pekerjaan. Itu menjelaskan apa saja tanggung jawab yang harus dilakukan.

baca juga: Pagi Ini, Satu Lagi Pasien COVID-19 Meninggal Dunia di RSAM Bukittinggi

Kalau kamu penasaran apakah pasanganmu sekarang sudah siap berkomitmen atau tidak, coba simak beberapa tanda berikut ini:

1. Kalian menghabiskan waktu berkualitas bersama

baca juga: Terus Bertambah, Jumlah Kasus COVID-19 Kota Solok Capai 55 Orang

Ini termasuk salah satu cara paling umum untuk menikmati hubungan yang dijalani. Kamu dan dia suka menghabiskan waktu bersama.

"Komitmen kerap ditampilkan dengan cara sederhana, seperti kualitas dan kuantitas waktu yang dihabiskan bersama," kata Kuburi.

baca juga: Kasus COVID-19 Terus Bertambah di Padang, Disdik Pastikan Belum Laksanakan PBM Tatap Muka

2. Kamu adalah prioritas

Kalau memang ingin berkomitmen denganmu, dia akan berusaha selalu mengutamakan kamu. Bahkan, dia melakukannya sejak sebelum kalian benar-benar menjalin hubungan resmi.

3. Dia menjaga hubungan kalian

Apapun masalahnya, dia mencoba bertahan denganmu. Perhatikan juga bagaimana dia membicarakan hubungan kalian di depan orang lain karena bisa menunjukkan apakah dia serius berkomitmen atau tidak.

4. Kamu adalah bagian dari masa depannya

Tanda lainnya adalah ada kamu dalam rencana masa depannya. Itu bisa saja dalam jangka pendek seperti mengajakmu menonton film yang tayang dalam dua pekan atau ingin melakukan perjalanan bersama tahun depan.

"Hidup menjadi lebih dari proses kolaboratif. Mereka mungkin meminta pendapat Anda ketika membuat keputusan, dan Anda kerap merasa seperti dihargai dan diprioritaskan dalam hidup mereka," kata Kuburi.

5. Dia bilang siap berkomitmen untukmu

Pada akhirnya, salah satu tanda paling jelas tentang apakah pasangan siap berkomitmen dalam sebuah hubungan asmara atau tidak adalah mengatakan hal itu secara langsung.

Dia mengungkapkannya secara terus terang. Setelah itu, kalian dapat berbicara dari ke hati supaya kamu sendiri lebih yakin.

"Menentukan apa arti 'komitmen' bagi individu yang terlibat adalah penting karena pandangannya mungkin berbeda," kata Kuburic menambahkan.

Editor: Eko Fajri