Ahli Ungkap Mematikan Pendingin Ruangan Bisa Kurangi Penyebaran Covid-19

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Peneliti Inggris mengatakan bahwa orang-orang menggunakan AC yang sama, berisiko tinggi tertular Covid-19, jika orang terinfeksi berada di ruangan yang sama. Dilansir dari Telegraph, terdapat dua jenis AC, yaitu yang mengambil udara dari luar dan mengeluarkannya lagi dan "split unit" mensirkulasi ulang udara yang sama.

AC yang tidak memiliki sumber khusus pasokan udara luar ke dalam ruangan, bertanggung jawab untuk sirkulasi ulang dan penyebaran partikel virus yang ada di udara ke orang-orang. Menurut Shaun Fitzgerald dari Royal Academy of Engineering mengatakan bahwa membuka jendela sambil menyalakan AC mungkin merupakan cara terbaik mengurangi risiko penyebaran.

baca juga: Riset Ungkap Obat Kumur Bisa Bantu Nonaktifkan Virus Penyebab Covid-19

"Jika Anda memiliki AC, strategi yang disarankan sekarang adalah untuk membuka jendela dan mengorbakan keinginan Anda untuk ruangan yang dingin. Jika ada sedikit angin, itu akan menggerakkan udara. Jika Anda tidak dapat membuka jendela, matikan AC," ucap Fitzgerald kepada Telegraph.

Pada April lalu, para peneliti menyebut AC menjadi penyebab penyebaran virus Corona kepada setidaknya sembilan orang yang makan di sebuah restoran di Guangzhou, China, pada Januari lalu.

baca juga: Hotel Indria Bukittinggi Terbakar

Sebuah makalah penelitian dalam jurnal Emerging Infectious Diseases menyelidiki insiden tersebut di Guangzhou, di mana sebuah keluarga tiba dari Wuhan, kota yang disebut sebagai tempat dimulainya Covid-19. Para peneliti mengatakan, satu anggota keluarga telah terinfeksi tanpa gejala dan hampir dua minggu kemudian, pasien bersama sembilan orang lainnya serta dua kelompok lain di meja terdekat di restoran, semuanya terinfeksi virus.

Meja yang terkena dampak di restoran berjendela itu sekitar tiga meter satu sama lain. Para peneliti mengklaim, penyebab paling mungkin dari insiden ini adalah transmisi melalui tetesan. Namun, para ahli mengatakan bahwa tetesan hanya berada di udara untuk waktu yang singkat dan hanya menempuh jarak pendek. Oleh karena itu, para ahli menyimpulkan, AC kemungkinan menjadi penyebab penyebaran virus lebih lanjut di antara meja yang terkena dampak.

Kesimpulan yang dicapai oleh peneliti Inggris tentang pendingin udara, muncul di tengah perdebatan sengit antara para ahli tentang betapa mudahnya virus Corona dapat ditularkan melalui udara. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui pada minggu ini bahwa virus Covid-19 dapat menyebar melalui tetesan kecil yang melayang di udara.

baca juga: Menteri Luhut Sebut Larangan Mudik Lebaran Sukses Tekan Penularan Covid-19

Sebelumnya, lebih dari 200 ahli ilmu aerosol secara terbuka mengeluh bahwa badan PBB gagal untuk memperingatkan publik tentang risiko tersebut. Namun, WHO bersikeras pada bukti yang lebih definitif bahwa virus Covid-19 dapat ditularkan melalui udara, suatu sifat yang akan setara dengan campak dan tuberkulosis dan memerlukan langkah-langkah yang lebih ketat.

Editor: Ramadhani