Ingin Turunkan Berat Badan, Kurangi Asupan Garam

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Mengurangi asupan garam ternyata bisa membantu menurunkan berat badan. Kandungan sodium dalam garam adalah konstituen utama yang membantu mempertahankan air dalam tubuh.

Ketika tingkat sodium tinggi, sekalipun anda melakukan olahraga ketat dan diet terkontrol, tetap saja lemak dan kalori dalam tubuh terutama di pinggang akan gagal menyusut. Ini bukan berarti harus menghentikan konsumsi garam, Anda harus memastikan mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup.

baca juga: Riset Ungkap Obat Kumur Bisa Bantu Nonaktifkan Virus Penyebab Covid-19

Menurut berbagai lembaga gizi di seluruh dunia, tubuh membutuhkan 2,4 miligram sodium setiap hari. Mengkonsumsi lebih dari jumlah ini bisa berdampak buruk pada kesehatan . Kelebihan sodium tidak hanya mengarah ke penambahan berat tapi juga masalah kesehatan lain seperti dehidrasi dan jika tidak cepat ditangani, mungkin juga meningkatkan risiko hipertensi, diabetes, masalah ginjal dan penyakit kardiovaskuler.

Ini sejumlah cara untuk mengurangi asupan garam dan mencegah penambahan berat badan, dilansir Boldsky:

Makan banyak buah dan Sayuran

baca juga: Pagi Ini, Satu Lagi Pasien COVID-19 Meninggal Dunia di RSAM Bukittinggi

Buah-buahan dan sayuran tidak mengandung sodium. Buah-buahan dan sayuran dapat dikonsumsi dalam bentuk mentah dan ketika sayuran yang dimasak, pastikan Anda menambahkan sedikit garam.

Hindari makanan dan minuman kaleng

baca juga: Terus Bertambah, Jumlah Kasus COVID-19 Kota Solok Capai 55 Orang

Anda harus menghindari makanan dan minuman kaleng yang mengandung sodium. Ini juga beberapa di antara makanan utama yang menyebabkan kenaikan berat badan.

Periksa label nutrisi

baca juga: Kasus COVID-19 Terus Bertambah di Padang, Disdik Pastikan Belum Laksanakan PBM Tatap Muka

Periksa label pada makanan yang Anda beli untuk melihat jumlah kandungan sodium. Jika mengandung sodium dalam jumlah yang tinggi, maka saran terbaik adalah menghindarinya.Hindari Keripik dan Makanan Olahan

Keripik dan makanan olahan lainnya juga mengandung sodium dalam jumlah. Oleh karena itu, yang terbaik adalah menghindari makanan olahan.

Kurangi beli makanan dari luar

Selalu merupakan pilihan yang lebih baik untuk mengonsumsi makanan yang dimasak di rumah. Kita tidak pernah tahu berapa jumlah persis sodium yang terkandung dalam makanan yang dimasak di luar.

Editor: Ramadhani