Lama Duduk Berdampak Pada Pertumbuhan Otot

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Duduk dalam waktu lama, menurut penelitian ternyata bisa menghambat pertumbuhan otot. Pertumbuhan otot akan tetap terhambat meski rutin berolahraga.


Para ahli mengungkapkan bahwa duduk terlalu lama menyebabkan olahraga yang dilakukan tidak mempengaruhi besar otot. Banyak orang memiliki pekerjaan yang mengharuskan mereka untuk duduk di kursi dan berada di depan meja kerja bahkan lebih dari 7 jam, namun hanya memiliki waktu istirahat yang singkat.

baca juga: Riset Ungkap Obat Kumur Bisa Bantu Nonaktifkan Virus Penyebab Covid-19

Sebuah lembaga penelitian mengumpulkan data sebagai informasi mengenai masalah ini lebih dari 40 penelitian yang dilakukan dan mengatakan bahwa duduk lebih dari 6 jam dalam sehari, tanpa istirahat 15 menit setiap jam, dapat menghabiskan pertumbuhan kekuatan dan ukuran otot, bahkan jika Anda telah rutin berolahraga di gym!

Para ahli itu mengatakan, hal itu karena duduk terlalu lama dapat menyebabkan fluktuasi kadar insulin di tubuh Anda. Bila hal ini terjadi, maka tingkat metabolisme Anda melambat sehingga tubuh akan meminta lebih banyak makanan untuk dikonsumsi. Hal inilah yang cenderung mempengaruhi dan merusak massa otot.

baca juga: Pagi Ini, Satu Lagi Pasien COVID-19 Meninggal Dunia di RSAM Bukittinggi

Selain itu Anda juga akan menjadi lebih mudah terkena kram dan otot menjadi lebih lemah. Jadi usahakan untuk melakukan istirahat setidaknya 15 menit dalam satu jam dengan melakukan gerakan-gerakan ringan seperti berjalan santai dan peregangan

Editor: Ramadhani