Tetap Terhidrasi, Ini Waktu Minum Air yang Tepat

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Ternyata untuk mendapatkan keutamaan dari minum air putih bagi kesehatan ada waktu dan takarannya yang bisa kita ikuti. Karena kebanyakan kita mungkin hanya mengetahui bahwa minum air putih itu baik untuk kesehatan , tapi masih bingung dengan jumlah dan kapan saja waktu yang tepat untuk harus minum air putih tersebut.

Dilansir dari Boldsky.com, ada 8 waktu efektif untuk minum air putih beserta takarannya. Berikut penjelasannya:

Sebelum Tidur

baca juga: Pandemi COVID-19, Momentum Transisi ke Energi Terbarukan

Minum segelas air putih sebelum tidur dapat membantu untuk mencegah Anda untuk tidak kekurangan air dalam tubuh Anda dan sehingga dapat mencegah resiko stroke dan serangan jantung.

Bangun Tidur

Ketika Anda bangun di pagi hari, Anda sebaiknya minum paling sedikit 1-2 gelas air putih. Hal ini dapat membantu merangsang kerja organ tubuh dan membantu untuk membuang racun dari tubuh anda.

baca juga: Ahli Sebut Indonesia Gagal Kendalikan Wabah COVID-19, Kenapa?

Sebelum Mandi

Sempatkan lah minum segelas air putih sebelum Anda mandi. Karena hal ini dapat membantu untuk melancarkan peredaran darah.

baca juga: Tahun Ajaran Baru Dimulai, Waspadai Klaster COVID-19 Baru

Sebelum dan Sesudah Makan

Minum segelas air putih setengah jam sebelum makan baik untuk kesehatan seseorang. Tidak hanya membantu melancarkan pencernaan tapi juga menekan nafsu makan. Jadi bagi siapa yang ingin menurunkan berat badan mimumlah air putih sebelum makan. Di sisi lain, minum air putih setengah jam sesudah makan dapat membantu penyerapan nutrisi dari makanan.

baca juga: WHO: Banyak Negara Salah Arah Tangani Virus Corona

Sebelum dan Sesudah Olahraga

Minum segelas atau dua gelas air putih sebelum olahraga. Hal ini dapat mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh saat berolahraga. Minum segelas air putih sesudah olahraga juga dapat membantu untuk menyegarkan kembali tubuh Anda setelah berolahraga.

Ketika Sakit

Di samping pentingnya meminum air putih saat Anda sehat, minum air putih saat Anda sakit malah lebih penting lagi. Karena hal ini menjaga tubuh Anda agar tetap memiliki cairan dan mencegah dehidrasi. Selain itu, minum air putih saat sakit dapat menjaga tubuh Anda terhindar dari bakteri dan virus.

Ketika Lelah

Jika Anda sering merasa kelelahan, hal ini bisa jadi pertanda bahwa tubuh anda tidak memliki kadar air yang cukup. Minum segelas air putih dapat memulihkan kembali stamina Anda!

Sebelum dan saat makan camilan

Meminum segelas air putih sebelum ngemil atau sedang ngemil dapat membantu menahan nafsu makan Anda dan ini juga membantu mengurangi jumlah asupan kalori, sehingga berat badan tetap terkontrol.

Editor: Ramadhani