Riset Ungkap Aktifitas Fisik Ringin Bisa Tingkatkan Mood

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Peneliti dari University of Connecticut menemukan bahwa latihan fisik dengan intensitas rendah adalah cara paling efektif untuk memperbaiki mood seseorang.

Dilansir dari Menshealth, dalam penelitian tersebut, para periset mengambil data dari 419 orang yang memakai Accelerometers (sensor yang digunakan untuk mengukur percepatan suatu objek), yang berguna untuk melacak pergerakan tubuh mereka selama empat hari. Mereka juga diminta untuk mengisi kuisioner tentang kebiasaan mereka berolahraga, mood serta sakit yang mereka derita.

baca juga: Riset Ungkap Obat Kumur Bisa Bantu Nonaktifkan Virus Penyebab Covid-19

Hasilnya ditemukan bahwa mereka yang menghabiskan banyak waktu dengan duduk atau melakukan kegiatan dengan sedikit bergerak memiliki mood yang lebih buruk daripada mereka yang sering bergerak.

Selain itu, periset juga menemukan hasil yang mengejutkan, dimana sejenis olahraga yang bisa membantu memperbaiki mood seseorang. Didapatkan bahwasannya seseorang yang melakukan aktifitas ringan seperti berjalan santai dengan bernafas tenang tanpa melakukan aktifitas berat seperti berlari dapat membantu seseorang berpikir lebih jernih. Seseorang yang berjalan selama 15 menit sampai 20 menit akan merasakan suasana hati dan pikirannya menjadi lebih jernih.

baca juga: Pedrosa Menjadi Dalang Di Balik Kesuksesan KTM

Riset itu juga menemukan bahwa mereka yang melakukan aktifitas fisik dengan berjalan santai juga memiliki resiko rendah terkena nyeri sendi pada tubuh mereka. Namun yang menariknya, periset juga menemukan bahwa seseorang yang melakukan aktifitas berat seperti belari selama 13 menit tidak akan memiliki suasana hati yang baik dan bagus. Mereka tetap akan kusut pikirannya dengan masalah yang tengah dihadapinya.

Editor: Ramadhani