Konsumsi Almond Bisa Jaga Kolesterol di Tubuh

Kacang Almond
Kacang Almond (net)

KLIKPOSITIF - Penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi segenggam kacang almond setiap hari dapat menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh sekaligus memperbaiki fungsinya. Hal itu karena kacang almond mengumpulkan kolesterol dari sel tubuh, seperti arteri dan membuangnya dari tubuh.

Dilansir dari Boldsky penelitian ini dipublikasikan di Journal of Nutrition. Periset dari Pennsylvania State University di AS, dengan membandingkan tingkat dan fungsi high-density lipoprotein (HDL), atau kolesterol baik pada orang-orang yang makan kacang almond setiap hari, ke tingkat HDL dan fungsi dari kelompok orang yang sama saat mereka hanya makan muffin.

baca juga: Pandemi COVID-19, Momentum Transisi ke Energi Terbarukan

Para peneliti memberi makan 48 pria dan wanita dengan peningkatan kolesterol LDL yang berpartisipasi dalam dua periode yakni konsumsi almond dan muffin dalam jangka masa waktu enam minggu. Selama dua periode riset tersebut, makanan itu dijadikan sebagai camilan harian. Pada periode konsumsi kacang almond , peserta menerima 43 gram atau sekitar segenggam kacang almond per hari. Sementara itu, selama habis masa kontrol, mereka makan muffin pisang.

Pada akhir setiap periode konsumsi almond ataupun muffin, para peneliti mengukur tingkat dan fungsi kolesterol HDL masing-masing peserta. Mereka kemudian membandingkan hasilnya dengan pengukuran dasar peserta yang diambil pada awal penelitian.

baca juga: Ahli Sebut Indonesia Gagal Kendalikan Wabah COVID-19, Kenapa?

Para periset menemukan bahwa dibandingkan dengan konsumsi muffin, konsumsi kacang almond meningkatkan HDL-1 - saat partikel berukuran terbesar dan paling matang - dengan 19 persen. Konsumsi almond meningkatkan fungsi HDL sebesar 6,4 persen, pada peserta dengan berat badan normal.

Editor: Ramadhani