Konsumsi Air Jahe Bawa Sejumlah Manfaat Pada Tubuh

Air jahe
Air jahe (net)

KLIKPOSITIF - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat mengurangi reaksi alergi. Seperti yang kita ketahui, peradangan berperan dalam timbulnya reaksi alergi. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa konsumsi jahe setiap hari menurunkan risiko nyeri otot setelah berolahraga. Nyeri otot juga umumnya disebabkan oleh peradangan.

Berikut manfaat air jahe bagi tubuh:

Menyeimbangkan Gula Darah

baca juga: Pandemi COVID-19, Momentum Transisi ke Energi Terbarukan

Air jahe dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat membantu menurunkan kadar gula darah puasa secara signifikan pada penderita diabetes tipe 2. Hal ini membuktikan bahwa air jahe aman dikonsumsi penderita diabetes, bahkan memiliki potensi untuk membantu perawatan diabetes.

Mengontrol Kolesterol

baca juga: Ahli Sebut Indonesia Gagal Kendalikan Wabah COVID-19, Kenapa?

Manfaat air jahe selanjutnya adalah dapat membantu mencegah kolesterol tinggi dalam darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat mencegah kenaikan kolesterol dalam aliran darah pada tikus yang yang diberikan diet tinggi kolesterol yang dapat meningkatkan kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol LDL atau kolesterol jahat.

Potensi menurunkan kolesterol memang baru dibuktikan pada studi terhadap hewan. Seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi air jahe secara rutin.

baca juga: Tahun Ajaran Baru Dimulai, Waspadai Klaster COVID-19 Baru

6. Menurunkan Berat Badan

Air jahe juga dapat dicoba oleh Anda yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan.

baca juga: WHO: Banyak Negara Salah Arah Tangani Virus Corona

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air jahe dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Studi lain menunjukkan bahwa jahe dapat menekan obesitas pada tikus yang diberikan diet tinggi lemak. Penurunan berat badan dengan konsumsi air jahe secara rutin dapat lebih efektif apabila dibarengi dengan diet rendah kalori dan juga olahraga secara rutin.

Meredakan Mual

Manfaat air jahe untuk meredakan mual memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Air jahe digunakan untuk mengatasi mual pasca operasi, mual sebagai efek samping kemoterapi, mual akibat infeksi virus, bahkan mual pada ibu hamil atau disebut juga morning sickness. Beberapa sudah dibuktikan dalam penelitian bahwa jahe secara efektif menurunkan mual dan muntah.

Konsumsi jahe pada ibu hamil juga aman. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jahe pada ibu hamil tidak menimbulkan efek samping berbahaya. Meskipun begitu, ibu hamil sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi air jahe secara rutin.Membantu Hidrasi Tubuh

Konsumsi air jahe dapat meningkatkan asupan cairan pada tubuh sehingga dapat membantu tubuh terhidrasi dengan baik. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi sangat penting untuk tubuh. Kekurangan cairan atau disebut juga dehidrasi dapat menyebabkan masalah seperti sakit kepala, lesu, hingga sembelit. Satu gelas air jahe setiap pagi dapat membantu menambah asupan cairan harian. Jangan lupa untuk tetap memenuhi kebutuhan air putih dengan minum paling tidak 8 gelas setiap hari.

Editor: Ramadhani