Ingin Tekan Potensi Diabetes, Ini Cara Sederhananya

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Konsumsi gula berlebihan berpotensi memicu penyakit diabetes melitus. Perhimpunan Nefrologi Indonesia menyebutkan bahwa diabetes jadi penyebab utama kedua terjadinya gagal ginjal di Indonesia.

Konsumsi gula harian yang dianjurkan Kementerian Kesehatan pun sebenarnya cukup rendah, hanya 50 gram. "Semua yang dikonsumsi perhari termasuk nasi, bukan gula tambahan. Misalkan nasinya 40 gram gula , harus udah mengurangi dan stop," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes Cut Putri Arianie di Jakarta dilansir dari Suara.com.

baca juga: Pandemi COVID-19, Momentum Transisi ke Energi Terbarukan

Bukan hanya gula , konsumsi garam juga harus dibatasi sebab bisa menjadi sumber penyakit hipertensi atau darah tinggi. Putri menyampaikan batasan maksimal garam per hari cukup 2.000 gram.

Menurut Putri, gaya hidup sehat juga perlu dukungan dari industri makanan agar mencantumkan kandungan gula dan garam dalam kemasan produk. "Kita harus udah bisa kira-kira. Misalnya mie instan, sebungkus ada yang 2.500 gram. Udah melebihi batas konsumsi harian," ucapnya.

baca juga: Ahli Sebut Indonesia Gagal Kendalikan Wabah COVID-19, Kenapa?

Editor: Ramadhani