Dr. Fauci: Virus Corona Takkan Hilang dalam Waktu Dekat

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Dr. Anthony Fauci, ahli penyakit menular dan pemimpin gugus tugas Covid-19 AS meyebut pandemi virus Corona tak akan menghilang dari pelanet Bumi dalam waktu dekat.

Menurut pria yang juga menjabat sebagai penasihan kesehatan Gedung Putih itu, aktifitas manusia modern, di mana akses berpindah negara terlampau mudah, menjadi penyebabnya.

baca juga: Kisah Wanita Terkecil di Dunia, Sudah Dewasa Tapi Seukuran Bayi

"Tidak ada keraguan bahwa virus ini tidak akan menghilang dari planet ini pada saat kita tiba pada musim gugur dan musim dingin," kata Fauci dikutip dari Newsweek, Kamis (28/5/2020).

Fakta tersebut membuat Fauci meyakini bahwa seluruh negara tak akan mampu untuk menghindari kasus infeksi terbaru.

baca juga: Ada 2 Penambahan Positif COVID-19 di Sumbar, Jubir: Dari Limapuluh Kota dan Padang

Dia menilai, yang harus dilakukan para pemimpin dunia, termasuk Amerika Serikat adalah, mencegah bagaimana kasus infeksi itu bisa dikendalikan.

"Maksud saya, Cina melihat itu sekarang. Mereka praktis benar-benar menekan virusnya tetapi sekarang kasus yang berhubungan dengan perjalanan kembali ke China," beber Fauci.

baca juga: Sekolah di Masa New Normal, Guru PAI Dituntut Lebih Proaktif

"Ini tentang bagaimana kita merespons untuk mencegah infeksi ini menjadi gelombang kebangkitan."

"Itu ada di tangan kita, kita harus melakukan sesuatu dan bersiaplah," tambahnya.

baca juga: Meski Mirip Jari Orang Mati, Penampakan di Foto Ini Jamur Loh

Fauci berahrap negara-negara bagian di Amerika Serikat bisa menekan penyebaran virus Corona , kendati dalam beberapa hari terakhir pelonggaran lockdown terus dilakukan.

"New York adalah situasi yang sangat istimewa karena benar-benar terkena dampak parah. Saya berharap kita tidak pernah melihat sesuatu seperti New York lagi," tandasnya.

Editor: Eko Fajri