Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Menjaga Kadar Kolesterol Selama Lebaran

KLIKPOSITIF - Di Hari Raya Idul Fitri , kebanyakan orang sering kalap mengonsumsi berbagai jenis makanan tanap emikirkan risiko kesehatannya. Padahal banyak jenis makanan khas lebaran yang berdampak pada kolesterol , seperti opor ayam dan sambal goreng hati ayam.

Kolesterol tinggi adalah suatu kondisi yang bisa menyebabkan masalah kesehatan serius. Jika tak dikelola dengan benar, seseorang bisa berisiko menderita sakit jantung.

baca juga: Kabar Baik. Vaksin Moderna Disebut Aman dan Mampu Menginduksi Kekebalan

Badan amal kolesterol , Heart UK dilansir olehExpress, menjelaskan bahwa kadar kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Kadar kolesterol tubuh yang tinggi biasanya tersimpan di dinding arteri. Arteri adalah tabung berdinding otot yang mengantarkan darah beroksigen dari jantung ke jaringan lain dalam tubuh.

baca juga: Benarkah Melahirkan Anak Pertama dengan caesar Mempersulit Kehamilan Selanjutnya? Ini Temuan Peneliti

Lemak berkolesterol ini bisa mengeras dari waktu ke waktu yang dikenal sebagai atherosclerosis, yang membuat arteri lebih kaku dan sempit.

Saat arteri menyempit, darah menjadi lebih sulit mengalir melalui arteri. Kondisi ini membuat otot jantung tegang karena harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

baca juga: Pandemi COVID-19, Momentum Transisi ke Energi Terbarukan

Akhirnya, otot jantung juga akan melemah dan tidak bekerja secara efisien. Selain itu, gumpalan darah yang terbentuk di atas arteri berlemak juga akan mengeras.

Kondisi ini bisa menyumbat arteri sepenuhnya, memotong aliran darah ke otak dan mengakibatkan stroke. Kondisi ini juga bisa mencegah darah mencapai otot jantung yang mengakibatkan serangan jantung.

baca juga: Ahli Sebut Indonesia Gagal Kendalikan Wabah COVID-19, Kenapa?

Karena itu, orang yang berisiko tinggi sangat perlu menjaga kadar kolesterol dalam tubuhnya. Seorang ahli asal UK menyarankan orang dengan kolesterol tinggi rutin mengonsumsi makanan tertentu untuk mencegah penyakit kronis.

"Salah satu cara terbaik untuk menjaga kadar kolesterol tetap terkendali yakni menikmati diet seimbang," ujar ahli.

Ahli menyarankan orang dengan kadar kolesterol tinggi haru makan ikan setidaknya dua kali seminggu. Adapun ikan yang bisa dikonsumsi, seperti ikan plak, cod dan haddock yang rendah lemak serta kaya mineral.

Adapula ikan berminyak, seperti pilchards, trout dan kepiting yang kaya asam lemak dan esensial omega-3.

"Ikan-ikan ini bisa membantu mengurangi tekanan darah, mengurangi kecenderungan darah menggumpal, mengatur ritme detak jantung dan mengurangi kadar trigliserida," jelasnya.

Sumber: suara.com

Editor: Rezka Delpiera