Sekjen PBB: Virus Mikroskopis Telah Membuat Kita Bertekuk Lutut

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Perserikatan Bangsa-Bangsa menyebut butuh solidaritas seluruh negara untuk bisa mengalahkan pandemi virus Corona Covid-19.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa ( PBB ) Antonio Guterres mengatakan meski sudah terjadi kemajuan ilmu dan teknologi dalam beberapa dekade terakhir, virus mikroskopis bisa membuat dunia bertekuk lutut.

baca juga: Tingkat Kesembuhan Covid-19 di Kabupaten Agam Capai 89,04 Persen

Ia mengatakan dunia telah menunjukkan solidaritas terbatas, namun sangat sedikit persatuan dalam menghadapi virus corona .

Antonio Guterres berbicara pada pembukaan pertemuan Majelis Kesehatan Dunia (WHA) secara virtual pertama yang digelar WHO. Pertemuan yang digelar selama dua hari membahas Covid-19.

baca juga: Pakar UNICEF Sebut Pandemi Tingkatkan Cyberbullying

"Terlepas dari kemajuan ilmu dan teknologi yang sangat besar pada beberapa dekade terakhir, virus mikroskopis telah membuat kita bertekuk lutut," kata Guterres kepada WHO, dilansir Anadolu Agency.

"Kami belum tahu cara memberantas, mengobati, atau memvaksinasi Covid-19. Kami tak tahu kapan kami bisa melakukan hal-hal ini," kata dia lagi.

baca juga: Peneliti Temukan Gangguan Hidung Lain Pada Pasien Covid-19

Dia juga mencatat bahwa kerapuhan tidak terbatas pada sistem kesehatan , tetapi mempengaruhi semua wilayah di dunia dan institusi.

Perbincangan pada pertemuan WHA yang ke-73 diharapkan berfokus pada penemuan vaksin darurat dan produksi obat untuk Covid-19, bersama dengan akses global yang merata dan distribusi vaksin semacam itu.

baca juga: Luhut Evaluasi Ekspor Benih Lobster, Kalau Bagus Jalan Terus

Perwakilan dari 194 negara anggota WHO, berpartisipasi dalam pertemuan WHA terpendek, yang biasanya berlangsung setidaknya seminggu.

Editor: Eko Fajri