Begini Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Biar Kulit Mulus

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Wajah dengan pori-pori kecil lebih disukai, karena memberi kesan kulit lebih mulus dibandingkan pori-pori besar. Tak heran, beragam cara dilakukan banyak perempuan untuk mengecilkan pori-pori wajah .

Bahkan, tak sedikit produk kecantikan yang menjanjikan hasil pori-pori kecil. Namun, tak semua memberi hasil memuaskan. Bahkan beberapa malah justru menimbulkan efek samping, misalnya kulit wajah jadi iritasi, atau berjerawat.

baca juga: Tidak Hanya Jokowi, Ini Tokoh yang Namanya Diabadikan jadi Nama Jalan di Luar Negeri

Nah, sebenarnya ada cara alami dan mudah untuk mengecilkan pori-pori. Tak hanya minim risiko, namun juga bermanfaat untuk menyehatkan kulit.

Sebelum menggunakan bahan alami ini, pastikan terlebih dahulu apa penyebab kondisi pori-pori wajahmu jadi besar.

baca juga: Studi: CBD Bisa Bantu Kurangi Kerusakan Paru-paru Akibat Virus Corona

Dikutip dari Medical Daily, ada beberapa faktor yang berbeda-beda, yang berperan menyebabkan pori-pori wajah membesar. Misalnya saja faktor ras, usia, dan hormon berdampak langsung pada kesehatan kulit kita.

Selain itu, gaya hidup kita juga memiliki dampak pada keseluruhan tampilan kulit kita. Apa yang kita makan, minum, dan aplikasikan ke kulit secara teknis mempengaruhi ukuran pori-pori kita.

baca juga: Setahun Pertama Periode Kedua, Arif Nurul: Ini Kelebihan dan Tantangan Pemerintahan Jokowi

Katie Wells dari Wellness Mama membagikan beberapa cara mengecilkan pori-pori secara alami.

Cara pertama adalah membuat masker alami yang terbuat dari arang hitam, bentonite clay, atau mencuci wajah dengan pencuci wajah alami. Menguapi wajah juga bisa melepas sumbatan pada kulit agar bisa bernapas.

baca juga: Cegah Penularan Covid-19 Pada Nakes, Ruang ICU Tak Usah Pakai AC

Cara kedua adalah dengan meningkatkan kolagen, elastin, dan pembalikan sel. Hal ini bisa didapat dengan menggunakan masker wajah dari pepaya dan mengeksfoliasi kulit secara rutin.

Masker yang terbuat dari pepaya mengandung enzim yang disebut papain yang mengatur produksi kolagen dan serat lentur di kulit kita.

Proses eksfoliasi sendiri berguna untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati dan memunculkan kulit kita yang lebih sehat dan bersinar.

Cara selanjutnya untuk mengecilkan pori-pori bisa didapat dari dalam, yakni mengonsumsi makanan sehat. Manfaat yang bisa didapat adalah keseimbangan hormon, mencegah breakout jerawat, dan kondisi kulit lain yang bisa muncul.

Jerawat, komedo, dan kondisi wajah yang kotor bisa menyumbat pori-pori kita dan menjadikannya tampak lebih besar.

Cara terakhir direkomendasikan oleh American Academy of Dermatology Association produk kecantikan non-comedogenic yang tidak menyumbat pori-pori kita. Tips satu ini penting dan cocok bagi yang menggunakan makeup dan produk perawatan kulit secara rutin.

Editor: Eko Fajri