Peserta JKN-KIS Apresiasi Layanan Prima BPJS Kesehatan Bukittinggi Selama Pelaksanaan PSBB di Sumbar

Salah satu suasana pelaksanaan PSBB di Dumbar
Salah satu suasana pelaksanaan PSBB di Dumbar (Ist)

KLIKPOSITIF - Dalam rangka mendukung Pemerintah Provinsi Sumatera Barat pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi sebagai sektor kerja yang masih diperbolehkan untuk beroperasi, memberlakukan physical distancing sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran virus COVID-19.

Penyesuaian layanan ini lantas tidak mengurangi pelayanan prima kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional -- Kartu Indonesia Sehat (JKN - KIS) di kantor BPJS Kesehatan.

baca juga: Kabar Baik, Satu Lagi Pasien COVID-19 Asal Bukittinggi Sembuh di RSAM

Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi Indra Jaya menjelaskan bahwa dalam upaya mendukung PSBB di Provinsi Sumatera Barat, BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi telah menerapkan berbagai ketentuan untuk dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ingin mengakses layanan kepesertaan JKN-KIS.

"Penerapan protokoler penyesuaian layanan selama pencegahan penyebaran virus COIVD-19, dimulai dari pencucian tangan oleh peserta terlebih dahulu secara bergantian, pengukuran suhu tubuh dan alat pengaman diri untuk pegawai. Khusus petugas keamanan kami menambahkan alat pelindung wajah, karena mereka yang sering berinteraksi langsung dengan peserta. Alat ini dinilai bisa jadi pemutus penularan virus lantaran menutupi seluruh wajah dan ditambah dengan penggunaan masker, tentunya diharapkan semakin aman dari penularan virus" ujar Indra.

baca juga: Empat Hari Hilang, Gadis Sungai Pua Akhirnya Ditemukan

Lebih lanjut Indra mengungkapkan bahwa BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi telah menerapkan Work From Home (WFH) setelah adanya pesertujuan dari Deputi Direksi Wilayah Sumatera Bagian Tengah dan Jambi dan sesuai ketentuan berlaku.

"Ada beberapa pegawai yang bekerja di rumah, Hl ini merupakan upaya kami untuk mendukung memutus penyebaran virus COVID-19. Orang yang kita anggap sehat pun bisa jadi carrier (pembawa dan menularkan virus, red). Dengan disiplin menerapkan protokoler yang telah ditetapkan, tentu rasa khawatir saat melayani dan peserta dilayani akan ikut hilang rasa khawatirnya," imbuh Indra.

baca juga: Wirfha Tanjung, Setahun Hanya Bisa Berbaring di Ranjang Berjuang Melawan Penyakit Hingga Anak Putus Sekolah

Di samping itu, Ryan (19) salah seorang peserta yang datang langsung ke Kantor Cabang Bukittinggi mengapresiasi apa yang telah BPJS Kesehatan lakukan dalam upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19 tanpa mengurangi pelayanan prima kepada peserta.

"Awalnya aneh rasanya ya, kita berdiri di tanda silang dan di area pelayanan saya di minta duduk di kursi yang jaraknya berjauhan. Tahu sih, hal tersebut sebagai physical distancing upaya mencegah supaya tidak tertular virus corona saat mengurus JKN -- KIS. Tapi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah memberikan pelayanan prima dan rasa aman kepada kami saat mengurus JKN-KIS, apalagi urgent seperti ini keluarga saya ada yang sakit," ujar Ryan.

baca juga: Iuran BPJS Kesehatan Naik Mulai Hari Ini, Berikut Rinciannya

[Rilis]

Editor: Khadijah