Kapan Usia Terbaik Melatih Anak Untuk Puasa?

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Berpuasa juga bisa dilakukan oleh anak-anak, terutama ketika sudah mencapai usia baligh, yang menjadikannya wajib berpuasa.

Lalu kapan orangtua bisa memulai melatih si kecil untuk ikut berpuasa?

baca juga: Sikapi Sengketa Pertanahan Antara Masyarakat dengan Perusahaan, Ini Langkah Bupati Pasbar

Menurut spesialis anak dr Abdullah Reza, SpA dari RSU Bunda Jakarta, orangtua bisa mulai mengajak dan mengajari anak berpuasa ketika mereka mulai sadar untuk melakukan sesuatu.

"Biasanya dia bisa udah mulai bisa diarahkan, jadi biasanya di usia 4-6 tahun boleh dimulai," jelas dr Abrez, sapaannya dalam Live Instagram, Kamis (14/5/2020).

baca juga: Kemenag Kembangkan Platform Digital Berbasis Kitab Kuning

Namun yang perlu diingat untuk para orangtua adalah melatih puasa pada anak harus dilakukan bertahap, tidak boleh langsung dalam sekali ajar.

Sebaiknya awali dengan berpuasa selama 4 jam terlebih dahulu. Hal ini disebabkan melihat metabolisme tubuh, 4 jam setelah selesai makan, gula untuk energi mulai berkurang.

baca juga: Tarik Investasi Baru, Kemenperin Benahi Sembilan Hambatan Pelaku Industri

Setelah itu baru dinaikkan secara perlahan hingga nanti mampu berpuasa selama 12 hingga 14 jam atau puasa penuh. Misal keesokan harinya ditambah satu jam tiap harinya.

Beberapa pendekatan lainnya, misal berpuasa dari sahur hingga azan dzuhur, juga tidak masalah. Namun dr Abrez menyarankan lebih baik berpuasa sekuat anak bisa menjalaninya.

baca juga: Titi Kamal Kirim Surat Terbuka pada Presiden

"Kita mulai dari yang sedikit dulu, lihat kekuatan anak, dan kita naikkan bertahap. Prinsipnya begitu," katanya.

Akan tetapi pada anak dengan kondisi yang memiliki penyakit kronis yang mengharuskan ada pengobatan rutin, dr Abrez mengingatkan, untuk terlebih dahulu konsultasi dokter sebelum mencoba berpuasa.

Editor: Eko Fajri