Kurang Vitamin B12 Bisa Picu Insomnia

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Faktor psikologis disebut sering menjadi salah satu pemicu kesulitan untuk tidur atau insomnia. Selain faktor psikologis, penelitian mengungkap kurang asupan tertentu pada tubuh juga bisa menimbulkan gangguan ini.

Sering tidak disadari oleh mereka yang sulit tertidur, bisa jadi karena kurang asupan vitamin B12. Pasalnya tubuh membutuhkan vitamin B12 untuk membentuk sel darah merah, saraf, DNA, dan untuk fungsi penting lainnya.

Pada sebuah studi di US National Library of Medicine National Institutes of Health para peneliti mengkaji pengobatan vitamin B12 untuk gangguan ritme bangun dan tidur. "Vitamin B12 diberikan pada dua pasien yang mengalami kesulitan tidur karena gangguan tersebut selama bertahun-tahun," tulis studi tersebut, dikutip dari Express UK.

Kekurangan vitamin B12 atau folat bisa muncul dalam beberapa bentuk gejala, seperti kekurangan energi, sulit bernapas, merasa lemas atau sakit kepala. Salah satu gejala yang belum diketahui banyak orang namun telah dibuktikan dalam banyak studi adalah sulit tidur.

Setelah diberikan vitamin B12, kondisi mereka membaik. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa suplemen vitamin B12 dapat membantu mereka yang mengalami gangguan tidur.Para vegetarian, ibu hamil dan menyusui merupakan kelompok yang paling berisiko terkena kekurangan vitamin B12. Hal ini disebabkan vitamin B12 hanya dapat diperoleh dari daging-dagingan. Bahkan vitamin B12 juga bisa didepat dari jeroan, seperti hati dan ginjal dari domba yang kaya akan vitamin B12. Makanan lainnya seperti kerang, sarden, daging sapi, ikan tuna, dan salmon.Bagi vegetarian, mengonsumsi sereal yang telah difortifikasi bisa menjadi salah satu pilihan untuk mencukupi kadar vitamin B12.
Baca Juga

Editor: Ramadhani