Ini Fakta Menarik tentang Lumba-Lumba

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Siapa sangka, lumba-lumba yang sering ditemui dalam sejumlah atraksi akuatik rupanya menyandang gelar sebagai salah satu hewan paling pintar di dunia.

Dikutip laman NBC News, lumba-lumba digambarkan sebagai makhluk yang terampil secara sosial, cerdas, lincah, ceria, dan menyenangkan yang memiliki banyak kesamaan emosional dengan manusia.

baca juga: Wisata Pulau Pandan Padang, Spot Menarik Menyaksikan Atraksi Koloni Lumba-lumba

Berikut ini adalah 8 fakta menarik seputar lumba-lumba.

Jumlah Spesies

baca juga: Tingkatkan Populasi Sapi dan Kerbau Lewat Sikomandan, Pemprov Sumbar Targetkan 132 Ribu Kelahiran Baru

Saat ini ada 42 spesies lumba-lumba yang tersebar di seluruh dunia. Namun beberapa diantaranya di ambang kepunahan.

Habitat di Laut, Tapi Tidak Punya Insang

baca juga: Tiga Hewan yang Selamat dari Era Kepunahan Dinosaurus, Bertahan Hingga Sekarang

Meski menghabiskan banyak waktunya di lautan, nyatanya lumba-lumba sama seperti mamalia lainnya. Berbeda dengan ikan, lumba-lumba tidak memiliki insang dan itulah alasannya kenapa mereka sesekali muncul ke permukaan laut.

Mereka memiliki sebuah lubang sembur dibagian atas tubuhnya. Tujuannya agar mereka bisa menghirup udara untuk bisa bernafas di dalam air sekaligus mencegah agar paru-paru mereka tidak kemasukan air dan membuat mereka tenggelam.

baca juga: Beli Hewan Peliharaan Secara Online Malah datang Empat Kucing Hutan, Warga Padang Serahkan ke BKSDA

Makhluk Sosial

Lumba-lumba adalah makhluk sosial. Mereka tidak suka sendirian. Bahkan, mamalia air ini bisa hidup bersama 1.000 lumba-lumba lainnya.

Untuk menjaga kelangsungan hidupnya, lumba-lumba berkoloni dan tergabung dalam sebuah kelompok yang disebut Pods. Satu Pods terdiri dari puluhan lumba-lumba.

Punya Nama

Semua lumba-lumba mungkin terlihat sama di mata manusia, tapi dalam beberapa penelitian, lumba-lumba mengenali teman-temannya dari "nama" mereka masing-masing.

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa lumba-lumba mengeluarkan suara yang mirip dengan suara siulan. Tapi, bunyi siulan lumba-lumba itu berbeda antara satu dengan yang lainnya. Suara siulan itulah yang dipakai untuk mengidentifikasi 'nama' dari setiap lumba-lumba.

Punya Banyak Gigi, Tapi Tidak Mengunyah

Meski punya 100 gigi, lumba-lumba tidak pernah mengunyah makanannya. Pasalnya, fungsi gigi lumba-lumba adalah untuk menangkap mangsanya dan ketika sudah mendapatkan mangsa tersebut, lumba-lumba akan langsung menelannya.

Lumba-lumba tidak perlu mengunyah, karena lambung mereka yang akan mengerjakannya. Lumba-lumba punya beberapa lambung, satu lambung untuk mencerna dan lambung lainnya untuk menyimpan makanan sebelum dicerna.

Bisa Membunuh Anaknya Sendiri

Jenis lumba-lumba hidung botol diketahui bisa membunuh anaknya sendiri. Selain itu, jenis ini juga memiliki kebiasaan yang atraktif.

Pasalnya, lumba-lumba hidung botol akan melempar mangsanya ke atas permukaan laut menggunakan ekornya terlebih dahulu sebelum menangkap mangsa untuk dimakan.

Tidur dengan Satu Mata Tertutup

Bila hewan tidur dengan menutup kedua matanya, maka lumba-lumba berbeda. Soalnya, hewan ini diketahui hanya menutup satu matanya saat tertidur karena hanya setengah otaknya ketika masuk dalam mode tidur.

Karena bernapas menggunakan paru-paru, tidur menjadi aktivitas yang agak sulit dilakukan lumba-lumba, sehingga mereka harus naik ke permukaan setiap akan bernapas. Itulah alasan mereka hanya tidur dengan satu mata tertutup, yakni agar tetap siaga.

Editor: Eko Fajri