Intip, Ini Lama Puasa di Berbagai Negara

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Umat Islam di seluruh dunia mulai menjalankan puasa Ramadhan pada Jumat, 24 April 2020 hari ini. Selama berpuasa, mereka tidak makan, minum, dan tidak melakukan hal-hal lainnya yang dapat membatalkan puasa .

Sebagaimana diketahui, puasa dimulai dari sejak terbit fajar (Shalat Shubuh) hingga terbenamnya matahari. Namun persoalannya, waktu terbit fajar dan matahari terbenam berbeda-beda di berbagai belahan dunia.

baca juga: Ini 8 Tragedi yang Pernah Tercatat di Kalibata City

Hal ini tentu menyebabkan perbedaan lamanya waktu berpuasa. Tahun lalu, wilayah dengan waktu puasa paling singkat adalah Ushuala, Argentina yang 'hanya' 11 jam. Sementara Murmansk, Rusia menjadi wilayah dengan durasi puasa terpanjang di dunia, yaitu 20 jam 45 menit.

Di wilayah ini, matahari terbenam hanya selama tiga jam. Lantas, bagaimana dengan tahun ini? Negara mana saja yang waktu puasanya paling pendek? Dan, negara mana saja yang memiliki waktu puasa paling lama?

baca juga: Sertifikat Halal, Sri Mulyani Minta Jangan Bebani Industri

Dikutip dari laporan Aljazeera, Rabu (22/4), Wellington (Selandia Baru), Buenos Aires (Argentina), Cape Town (Afrika Selatan), Canberra (Australia), dan Santiago (Chile) diprediksi akan memiliki waktu puasa paling singkat di dunia. Di wilayah-wilayah ini, durasi puasa hanya 11 jam 5 menit.

Sementara beberapa beberapa negara Skandinavia seperti Nuuk (Greenland), Oslo (Norway), dan Helsinki (Finlandia) merupakan wilayah dengan waktu puasa terlama di dunia. Di daerah itu, umat Muslim akan berpuasa selama 20 jam.

baca juga: Wisma Atlet Mulai Penuh Pasien COVID-19, Tower 4 Berkapasitas 1.546 Tempat Tidur Dibuka

Di bawahnya lagi ada Stockholm (Swedia) dan Berlin (Germany) dengan durasi berpuasa 19 jam.

Umat Islam di Jakarta (Indonesia), Kuala Lumpur (Malaysia), Khartoum (Sudan), Doha (Qaatar), Riyadh (Arab Saudi), Dubai (UEA), Dhaka (Bangladesh), New Delhi (India), dan Hong Kong menjalani ibadah puasa selama 13-15 jam.

baca juga: Catat Rekor Penambahan 4.176 Kasus, Indonesia Sudah Catat 248.852 Orang Positif COVID-19

Sementara negara-negara Eropa seperti Madrid (Spanyol), Roma (Italia), Paris (Perancis), London (Inggris), dan Brussel (Belgia) memerlukan waktu 16-18 jam untuk berpuasa. Demikian prediksi waktu puasa di negara-negara di seluruh dunia. Meski begitu, waktu puasa yang sebenarnya akan bervariasi menurut hari dan metode perhitungan.

Editor: Eko Fajri