Hari Kartini, Tenaga Medis di Wisma Atlet Dikirimi 10.000 Pembalut

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Bertepatan dengan hari Kartini yang diperingati setiap 21 April, PT Softex Indonesia memberikan apresiasi kepada para tenaga medis perempuan di Wisma Atlet yang berjuang sebagai garda terdepan dalam menghadapi wabah virus corona (COVID-19).

Apresiasi ditunjukkan dengan mendonasikan hampir 10.000 Softex celana menstruasi untuk sekitar 800 tenaga medis perempuan di Wisma Atlet, baik dokter, perawat, dan relawan.

baca juga: DPR Harap KONI Konsisten Bantu Pembinaan Atlet Nasional

Menurut Letda Ckm (K) dr. Oktaviani Eka Puspasari, yang bertugas di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, hampir 80 persen tenaga medis yang berjuang di Wisma Atlet adalah perempuan.

Untuk melindungi diri selama bertugas mereka harus mengenakan hazmat suit selama 1 shift (lebih dari 8 jam). Hal ini tentunya membuat para tenaga medis tidak leluasa membuka hazmat.

baca juga: Kemenperin: Lebih Rp32,5 Triliun Investasi Baru Akan Masuk pada Sektor Agro

Kondisi jadi semakin sulit bagi tenaga medis perempuan, khususnya ketika sedang haid, karena mereka tidak bisa mengganti pembalut seperti biasanya.

Para tenaga medis perempuan ini membutuhkan pembalut yang memiliki daya tampung ekstra terutama saat hari pertama dan kedua haid, agar tetap nyaman dan fokus dalam menangani pasien.

baca juga: Ratusan warga Mengungsi Saat Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas

"Melihat kenyataan dan kesulitan para perempuan hebat di Wisma Atlet, maka kami dari Softex Indonesia, terpanggil untuk membantu dengan menyediakan proteksi yang lebih tepat dan sangat dibutuhkan oleh tenaga medis perempuan yaitu Softex Celana Menstruasi. Pembalut berbentuk celana ini memiliki daya tampung 3 kali dari pembalut malam dan mempunyai bahan selembut kain," Head of Marketing Female Care PT Softex Indonesia, Ekayani Go dalam keterangannya, Selasa (21/4/2020).

"Dengan adanya donasi ini, kami harapkan tenaga medis bisa merasa lebih nyaman dan aman dalam menjalankan tugas mulianya sebagai pahlawan pandemi perempuan," Ekayani menambahkan.

baca juga: Kesadaran Gaya Hidup Sehat Meningkat, Ini Dukungan Pemerintah Untuk Industri Jamu dan Sejenisnya

Sumber: Suara.com

Editor: Eko Fajri