Riset: Naik Turun Tangga Bisa Buat Jantung Lebih Sehat

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Hanya tinggal di rumah selama masa pandemi Corona ini bisa sangat membuah jenuh. Banyak orang melakukan kegiatan apa saja untuk membuat tubuhnya tetap aktif selama berada di rumah. Salah satu yang bisa anda coba adalah naik turun tangga.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa naik tangga yang dilakukan secara intens meskipun singkat dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membuat umur panjang. "Naik tangga adalah bentuk olahraga yang siapa pun bisa melakukannya di rumah, setelah bekerja atau selama jam makan siang," kata pemimpin penulis Martin Gibala, Profesor di McMaster University di Kanada.

baca juga: DPR Minta Pemerintah Turunkan Harga Tes Swab

Studi sebelumnya telah membuktikan manfaat naik tangga selama periode waktu yang berkelanjutan hingga 70 menit dalam seminggu. Tapi, dalam studi baru ini, para ilmuwan menentukan apakah sprint interval training (SIT) adalah alternatif yang efektif dan efisien untuk meningkatkan kebugaran kardiorespirasi.

"Pelatihan Interval menawarkan cara yang nyaman untuk menyesuaikan olahraga ke dalam hidup Anda, daripada olahraga terstruktur," tambah Gibala.

baca juga: Ingin Kulit Wajah Lebih Sehat, Ini Cara Alami Mengatasi Jerawat

Untuk studi yang dipublikasikan dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise ini, tim merekrut 31 wanita yang sering menghabiskan waktu untuk duduk tapi sehat dan menguji efek dari dua aturan yang berbeda. Pertama membutuhkan komitmen waktu 10 menit, termasuk pemanasan, pendinginkan dan periode pemulihan. Sesi latihan dilakukan tiga kali seminggu selama enam minggu.

Sedangkan yang kedua melibatkan komitmen waktu total 30 menit dalam seminggu. Hasilnya, latihan ini meningkatkan kebugaran kardiorespirasi - penanda sehat penting yang terkait dengan umur panjang.

baca juga: Alat Tes COVID-19 Cepat Seharga Rp74 Ribu Akan Dipasok ke Seluruh Dunia

Editor: Ramadhani