Viral Dalgona Coffee, Jangan Konsumsi Keseringan

Dalgona coffee
Dalgona coffee (Net)

KLIKPOSITIF - Resep dalgona coffee viral di media sosial, membuat netizen ramai-ramai mencoba membuatnya. Punya rasa enak, dalgona coffee tapi nggak boleh dikonsumsi keseringan ya.

Sebab menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik Raissa Djuanda mengatakan mengonsumsi camilan jenis Dalgona Coffee tidak boleh berlebihan, karena kandungan gula yang tinggi akibatnya meningkatkan risiko diabetes.

baca juga: WHO Sebut Tiap Individu Perlu Melihat Resiko Penularan Mereka Sendiri

"Efek jangka panjangnya (banyak mengonsumsi Dalgona) diabetes. Kalau sudah kena biasanya luka apapun sulit menjadi sembuh," ujar dr. Raissa kepada awak media, Kamis (16/4/2020).

Alih-alih mengonsumsi makanan manis buatan, yang mengandung banyak gula sebagai camilan, ia menyarankan untuk mengonsumsi buah-buahan sebagai camilan, sama-sama manis namun menyehatkan.

baca juga: Mendag Ancam Tutup Pasar Jika Pedagang Tak Patuhi Protokol Kesehatan

"Tips cemilan bisa dari buah-buahan sayuran atau dari karbohidrat yang kompleks. Misalnya tadi kue dari tepung terigu jadi gandum, gandum atau granola," paparnya.

Seperti arahan Kementerian Kesehatan RI untuk membatasi gula, garam, lemak (GGL). Apalagi gula, dimana jika berlebih bisa menurunkan daya tahan tubuh untuk menangkal atau melawan virus seperti corona.

baca juga: Ingat, Ini Panduan Pemotongan Hewan Kurban di Tengah Pandemi COVID-19

"(Gula lebih dari) 4 sendok makan sehari, turunkan sistem kekebalan tubuh, itu memang bisa kalau jumlah yang dikonsumsi berlebihan. Dan harus diperhatikan gula banyak dari selain gula dari seperti terlalu banyak makan mie, tepung yanh mengandunh gula tinggi, madu sirup gula tinggi harus diperhatikan," terangnya

Catatan terakhir, saat aktivitas di rumah aja maka bukan berarti tidak bergerak. Selain mengonsumsi makanan gizi seimbang tapi juga harus diiringi dengan aktivitas fisik.

baca juga: Wirfha Tanjung, Setahun Hanya Bisa Berbaring di Ranjang Berjuang Melawan Penyakit Hingga Anak Putus Sekolah

"Makan gizi seimbang dan aktivitas fisik baik ringan seperti menyapu, ngepel atau ditambah olahraga," tutupnya.

Sumber: Suara.com

Editor: Eko Fajri