Hipertensi dan Diabetes Bisa Picu Demensia

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Penelitian yang dilakukan para ahli mengungkapkan bahwa mereka yang mengidap penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi memiliki resiko yang lebih besar terkena demensia.

"Diabetes, hipertensi, dan gejala awal tekanan darah tinggi meningkatkan kemungkinan demensia penderitanya," kata salah seorang peneliti dari studi tersebut.

baca juga: Wisma Atlet Mulai Penuh Pasien COVID-19, Tower 4 Berkapasitas 1.546 Tempat Tidur Dibuka

Penelitian yang diterbitkan dalam JAMA Neurology ini menjelaskan fakta mengejutkan ini. Selama penelitian, tim riset menganalisa 15.744 orang yang terkena diabetes dan tekanan darah tinggi berusia dan 45-64 tahun dalam jangka waktu 2 tahun. Hasil penelitian itu menyatakan bahwa 1.516 orang telah didiagnosis menderita demensia . Sementara itu, para peneliti juga menemukan hubungan antara demensia dan gejala awal tekanan darah tinggi

"Selain itu, merokok juga meningkatkan kemungkinan terjadinya demensia sesuai dengan hasil penelitian," kata peneliti lagi.

baca juga: Catat Rekor Penambahan 4.176 Kasus, Indonesia Sudah Catat 248.852 Orang Positif COVID-19

Namun dalam penelitian lain diungkapkan, para periset telah menemukan bahwa ada satu hingga beberapa faktor resiko penyakit jantung pada usia paruh baya yang dikaitkan dengan tingkat amiloid beta yang lebih tinggi, yakni protein yang sering terakumulasi di otak pasien Alzheimer.

Editor: Ramadhani