Ini Bahan Makanan Sehat untuk Tekan Berat Badan Selam di Rumah Aja

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Berada di rumah saja selama masa pandemi Corona bisa berdampak pada kenaikan berat badan. Selain berolahraga, anda bisa menyiapkan camilan sehat atau bahan makanan yang sehat.

Dilansir dari Insider berikut bahan makanan rendah kalori yang bisa disiapkan di rumah:

Brokoli

Brokoli paling bergizi saat dimakan mentah atau dikukus. Sayuran super ini mengandung sulforaphane, yakni anticarcinogen yang berfungsi menghancurkan bahan kimia penyebab kanker. Brokoli juga mengandung vitamin A, C, E, dan K. Sementara itu, satu porsi brokoli kukus mengandung sekitar 20% dari kebutuhan serat harian dengan jumlah kalori yang rendah.Blewah

baca juga: Wisma Atlet Mulai Penuh Pasien COVID-19, Tower 4 Berkapasitas 1.546 Tempat Tidur Dibuka

Buah blewah cocok untuk Anda makan saat karantina berlangsung. Kandungan beta karotennya baik untuk mata. Selain itu, blewah juga mengandung kalium, vitamin A dan C, dan 90 persen kandungan air. Jangan khawatir, kandungan kalori blewah hanya 55 dalam satu porsi.

Seledri

baca juga: Catat Rekor Penambahan 4.176 Kasus, Indonesia Sudah Catat 248.852 Orang Positif COVID-19

Hampir 95 persen kandungan seledri adalah air. Namun, bukan berarti seledri tidak memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. Seledri mengandung kalium, folat, serat, dan 30% dari kebutuhan vitamin K harian. Hanya ada enam kalori dalam satu porsi. Anda sebaiknya makan seledri saat masih segar. Sebab, sayuran tersebut akan kehilangan banyak antioksidan dalam waktu lima hingga tujuh hari sejak dibeli. Beberapa makanan rendah kalori di atas bisa dimakan berkali-kali tanpa harus khawatir berat badan naik. Keawetannya bahan makanan ini pun bisa bertahan sepekan jika penyimpanannya benar.

Kembang Kol

Meskipun warnanya pucat, kembang kol memiliki kandungan yang sama dengan sayuran hijau. Sayur yang satu ini mengandung antikoksidan dan phytochemical di mana keduanya bisa melawan penyakit kronis. Selain itu, kembang kol adalah sumber folat, serat, vitamin C dan K, serta kandungan 25 kalori dalam satu porsi.Jeruk

baca juga: Kota Padang dan Kabupaten Agam Zona Merah COVID-19, Ini yang Seharusnya Diterapkan

Banyak orang lebih mengenal jeruk dengan kandungan vitamin C. Padahal buah yang satu ini memiliki kandungan lain yang bermanfaat bagi tubuh. Vitamin C pada jeruk memproduksi kolagen sehingga penting untuk menjaga kulit agar bebas dari kerusakan. Jeruk juga rendah kalori, sementara serabut putih dalam jeruk yang biasa dibersihkan atau empulur memiliki serat yang tinggi.

Editor: Ramadhani