Ini Manfaat Mengkonsumsi Brokoli

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -Sebuah riset yang dilakukan para ahli dari University of Illinois mengungkap pigmen yang ditemukan di sayuran hijau, kuning telur dan brokoli mampu meningkatkan kesehatanotak. Penelitian ini menemukan peningkatan kesehatan terjadi terutama pada anak secara keseluruhan, apalagi konsumsi yang dilakukan selama masa ujian.

Hal itu dikarenakan tingginya kadar lutein (senyawa karotenoid yang terdapat pada tumbuhan serta hewan, contohnya bayam, brokoli, anggur, jeruk, serta kuning telur), yang bisa membantu fungsi kerja otak saat berada di sekolah terlepas dari IQ dan faktor lainnya.

baca juga: Wisma Atlet Mulai Penuh Pasien COVID-19, Tower 4 Berkapasitas 1.546 Tempat Tidur Dibuka

Hasil studi juga menunjukkan bahwa adanya senyawa pelindung pada brokoli yang mempengaruhi otak, bahkan para ahli sekarang mendorong anak-anak dan orang dewasa untuk mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung lutein, agar bisa meningkatkan kekuatan otak. Di sisi lain, orang dewasa yang memiliki kadar lutein yang tinggi pada otaknya lebih mampu mengingat keterampilan dan informasi yang mereka pelajari bertahun-tahun yang lalu.

Dalam penelitian tersebut, peneliti pertama mengukur aktivitas otak dan kadar lutein mata pada 50 anak berusia delapan sampai 10 tahun. Anak-anak itu diminta untuk melakukan tugas akademis mereka seperti tugas sekolah, jadi mereka yang memiliki kadar zat lebih tinggi lebih baik dalam mengerjakan tugasnya dan tidak memiliki aktivitas lonjakan gelombang pada otak.

baca juga: Catat Rekor Penambahan 4.176 Kasus, Indonesia Sudah Catat 248.852 Orang Positif COVID-19

Para ahli mengatakan, lonjakan gelombang ini terkait dengan seseorang yang memaksa otak mereka untuk mendapatkan bantuan tambahan untuk menyelesaikan sebuah tugas.

"Dalam kasus ini, tampak bahwa anak-anak dengan lebih banyak lutein di mata memiliki kinerja lebih tinggi dan membutuhkan lebih sedikit keterlibatan kognitif untuk melakukan tugas secara akurat," ujarnya.

baca juga: Kota Padang dan Kabupaten Agam Zona Merah COVID-19, Ini yang Seharusnya Diterapkan

Para ahli juga menemukan, mereka yang memiliki tingkat lutein yang lebih tinggi melakukan tes akademis standar yang lebih baik, daripada mereka yang memiliki tingkat yang lebih rendah terlepas dari faktor kinerja lainnya.

"Senyawa pelindung dapat ditemukan di berbagai sayuran berdaun hijau terutama pada brokoli dan itu membantu menjaga kecerdasan otak lebih lama," kata seorang peneliti yang merupakan ahli saraf kognitif di Illinois, Anne Walk.

baca juga: Tanpa Gejala, Menteri Agama Fachrul Razi Positif COVID-19

Lutien juga telah dikaitkan dapat membantu orang dewasa untuk mencapai kekuatan otak orang yang 11 tahun lebih muda dari mereka.

Menurut ahli, senyawa brokoli diyakini menumpuk di otak, di mana ia memiliki efek perlindungan pada daerah yang bertanggung jawab atas ingatan

Editor: Ramadhani