Sering Konsumsi Minuman Bersoda, Ini Resiko Kesehatannya

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Mengkonsumsi minuman bersoda di tengah cuaca yang terik, pasti sangat menyenangkan. Apalagi disajikan dengan tambahan es. Hanya saja sering mengkonsumsi minuman jenis ini bisa mengganggu kesehatan .

Dilansir dari Boldsky berikut ini ada masalah kesehatan yang akan Anda dapatkan jika sering minum-minuman bersoda:

baca juga: Wisma Atlet Mulai Penuh Pasien COVID-19, Tower 4 Berkapasitas 1.546 Tempat Tidur Dibuka

Dehidrasi:

Minuman bersoda dapat menyebkan tubuh mengalami dehidrasi. Sifat diuretik pada soda akan membuat Anda sering buang air kecil, sehingga mengeluarkan secara cepat air yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.Kegemukan:

baca juga: Catat Rekor Penambahan 4.176 Kasus, Indonesia Sudah Catat 248.852 Orang Positif COVID-19

Penambahan berat badan secara tidak sehat adalah efek samping dari seringnya konsumsi minuman bersoda. Karena soda meningkatkan keinginan tubuh untuk konsumsi makanan manis lebih banyak. Selain itu, soda dapat membingungkan reseptor otak yang membuat munculnya lemak, padahal minuman ini tidak mengandung kalori .

Diabetes:

baca juga: Kota Padang dan Kabupaten Agam Zona Merah COVID-19, Ini yang Seharusnya Diterapkan

Memiliki kebiasaan minum soda setiap hari adalah hal yang berbahaya untuk kesehatan Anda. Karena ini dapat membuat Anda terkena diabetes tipe II disebabkan terganggunya metabolisme glukosa dan sensitivitas insulin tubuh. Bahkan menurut penelitian, pemanis buatan di soda bisa membingungkan kerja metabolisme tubuh, sehingga meningkatkan nafsu makan untuk lebih banyak konsumsi makanan manis dan mempengaruhi mikroba yang ada pada usus.

Sakit Kepala:

baca juga: Tanpa Gejala, Menteri Agama Fachrul Razi Positif COVID-19

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Institut Kesehatan Nasional mengungkapkan bahwa minuman bersoda dapat menyebabkan Anda menderita sakit kepala yang parah. Hal ini karena pemanis buatan yang terkandung di dalam soda yakni aspartame/sucralose mempengaruhi metabolisme tubuh hingga menyebabkan sakit kepala disertai rasa mual.

Merusak Tulang:

Minuman soda mengandung asam fosfat sehingga akan menyebabkan tubuh Anda mengalami kerusakan tulang seperti osteoporosis, kerapuhan tulang, patah tulang dan lainnya. Hal ini karena asam tersebut dapat menghilangkan mineral tulang, sehingga melemahkan fungsi tulang.

Mempengaruhi Organ Vital:

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi minuman bersoda dapat mempengaruhi organ vital seperti jantung dan ginjal. Bahkan terjadi penurunan fungsi ginjal hingga 30 persen. Selain itu, Anda juga akan beresiko terkena serangan jantung jika sering minum soda secara berkepanjangan.

Editor: Ramadhani