Meski di Rumah Aja Jangan Habiskan Waktu dengan Tidur, Ini Resikonya

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Untuk mencegah penyebaran virus corona , kita sebaiknya mengisolasi diri dari keramaian dan tetap di rumah saja. Meski begitu, menghabiskan waktu di rumah sebaiknya tidak melulu hanya dengan tidur saja. Pasalnya kelebihan tidur juga berdampak buruk pada kesehatan.

Orang dewasa butuh tidur minimal selama 7 jam sehari untuk tetap menjaga tubuh berfungsi dengan normal dan tetap menjaga metabolisme tubuh bekerja sebagaimana mestinya. Jika tidur lebih dari 9 jam maka berpotensi memiliki beberapa masalah kesehatan. Sebaliknya jika seseorang tidur kurang dari 5 jam sehari, malahan lebih berpotensi lagi memiliki banyak masalah kesehatan.Dilansir dari BoldSky, berikut masalah kesehatan yang akan muncul jika tidur lebih dari 9 jam sehari:

baca juga: Wisma Atlet Mulai Penuh Pasien COVID-19, Tower 4 Berkapasitas 1.546 Tempat Tidur Dibuka

Meningkatkan resiko penyakit jantung

Orang-orang yang tidur selama lebih dari 9 jam sehari lebih beresiko terkena penyakit jantung. Menurut sebuah studi, hal ini disebabkan karena aliran darah berkurang ke jantung ketika seseorang tidur terlalu lama.

baca juga: Catat Rekor Penambahan 4.176 Kasus, Indonesia Sudah Catat 248.852 Orang Positif COVID-19

Peningkatan berat badan

Ini juga masalah kesehatan lain yang terjadi jika Anda tidur terlalu lama (lebih dari 9 jam sehari), tentu berat badan Anda bertambah karena kurangnya aktifitas fisik. Ketika Anda tidur lebih dari 24 jam, siklus biologis Anda akan bermasalah sehingga berat badan cenderung bertambah. Di sisi lain jika Anda tidur kurang dari 5 jam sehari, malahan berat badan anda juga akan turun.

baca juga: Kota Padang dan Kabupaten Agam Zona Merah COVID-19, Ini yang Seharusnya Diterapkan

Masalah kesuburan

Masalah kesehatan utama lainnya yang akan muncul akibat tidur berlebihan adalah infertilitas , sebagaimana penelitian telah dilakukan di korea menyatakan infertillitas ini terjadi terutama di kalangan perempuan.

baca juga: Perda AKB Belum Diteken Mendagri, Pemko Gunakan Perwako Tindak Masyarakat

Penurunan daya ingat

Hal ini bukan sekedar ucapan belaka, tapi sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti menemukan bahwa tidur lebih dari 9 jam bisa menyebabkan daya ingat melemah. Penyakit Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang bisa didapatkan seseorang jika daya ingat mereka menurun.

Resiko depresi

Meski begitu, masalah kesehatan utama lain yang disebabkan oleh tidur terlalu lama adalah depresi. Dalam beberapa penelitian yang dilakukan di berbagai kelompok umur dimana orang dewasa di kelompok usia 18-59 tahun menjadi patokan utama, ditemukan bahwa mereka yang tidur selama lebih dari 9 jam memiliki risiko lebih tinggi terkena depresi.

Resiko kesehatan

Mereka yang tidur selama lebih dari 9 jam memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes, terutama diabetes tipe 2. Sebuah studi yang dilakukan terkait masalah ini menyimpulkan bahwa mereka yang tidur selama lebih dari 9 jam setiap hari, gagal untuk memproses kadar gula dan mereka cenderung untuk mengembangkan intoleransi glukosa.

Editor: Ramadhani