Perusahaan AS ini Bisa Tes Covid-19 dalam 5 Menit

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Perusahaan Kesehatan , Abbott Laboratories berhasil memenangkan izin pemasaran tes diagnostik untuk virus corona di Amerika Serikat.

Nantinya tes itu bisa memberikan hasil kepada pasien dalam beberapa menit dan digunakan di dokter dan klinik perawatan darurat, serta rumah sakit.

baca juga: Ini 8 Tragedi yang Pernah Tercatat di Kalibata City

Seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (28/3/2020), Amerika Serikat kini memiliki lebih banyak kasus virus Corona Covid-19 daripada negara lain.

Saat ini rumah sakit di sana juga telah berjuang memenuhi permintaan untuk menguji ribuan orang untuk virus yang seringkali mematikan ini.

baca juga: Sertifikat Halal, Sri Mulyani Minta Jangan Bebani Industri

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat sendiri telah memberikan persetujuan tersebut di bawah Emergency Use Authorization.

Dalam sebuah pernyataan, Abott mengatakan berencana untuk mulai mendistribusikan tes minggu depan. Mereka juga berencana untuk meningkatkan produksi hingga 50.000 tes per hari.

baca juga: Wisma Atlet Mulai Penuh Pasien COVID-19, Tower 4 Berkapasitas 1.546 Tempat Tidur Dibuka

"Ini adalah lompatan ke depan yang signifikan. Anda bisa mendapatkan hasil positif dalam lima menit dan hasil negatif dalam 13 menit. Anda bisa masuk ke klinik dan mendapatkan hasil saat Anda berada di sana," kata Wakil presiden penelitian dan pengembangan di Abbott, John Frels.

Ini merupakan tes kedua yang disetujui oleh FDA dan dapat digunakan langsung di klinik dan fasilitas kesehatan masyarakat serta bisa dengan segera memberikan hasil kepada pasien. Pekan lalu, FDA menyetujui tes yang dibuat oleh Cepheid yang dapat digunakan pada titik perawatan.

baca juga: Catat Rekor Penambahan 4.176 Kasus, Indonesia Sudah Catat 248.852 Orang Positif COVID-19

"Pandemi COVID-19 akan diperjuangkan di berbagai bidang, dan tes molekuler portabel yang menawarkan hasil dalam hitungan menit menambah berbagai solusi diagnostik yang diperlukan untuk memerangi virus ini," kata presiden dan chief operating officer di Abbott, Robert Ford, dalam sebuah pernyataan.

Editor: Eko Fajri