Teh Bunga Kembang Sepatu Ternyata Baik untuk Kesehatan Jantung

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Para peneliti menemukan jika teh bunga kembang sepatu berkhasiat menjaga kesehatan jantung. Kandungan dalam tumbuhan itu disebut mampu menurunkan tekanan darah ketika dikonsumsi secara rutin.

"Dengan adanya penelitian tentang manfaat bunga kembang sepatu bagi kesehatan manusia, akhirnya pengolahan bunga cantik ini diinovasikan menjadi ramuan teh tradisional bunga kembang sepatu," kata dokter Tieraona Low Dog dilansir dari prevention.

baca juga: Imunitas Bisa Dipengaruhi oleh Depresi

Penulis buku Life Is Your Best Medicine itu menyebutkan bunga kembang sepatu memiki sifat diuretik yang dapat menghilangkan kelebihan air dalam tubuh. Anthocyanin yang terkandung dalam bunga kembang sepatu mampu memblokir enzim angiotensin converting (ACE), merupakan senyawa yang menyebabkan pembuluh darah mengerut.

Studi ini telah dilakukan pada 65 orang dewasa yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi ringan dengan rentang usia 30-70. Sebelumnya semua peserta telah diperiksa tekanan darahnya dan selama enam minggu mereka menyeduh teh bunga kembang sepatu. Hasilnya ditemukan penurunan secara signifikan pada tekanan darah sistolik dan diastolik mereka.

Selain dapat ditemukan di rumah obat tradisional, teh kembang sepatu ternyata juga bisa dibuat sendiri dirumah. Bahan-bahan yang diperlukan dalam peracikan teh ini adalah 4-5 bunga kembang sepatu segar atau 3 sendok makan kembang sepatu yang kering, 1 batang kayu manis, perasan jeruk secukupnya, 1 sendok makan gula pasir, 4 cc air putih.

baca juga: Lama Duduk Berdampak Pada Pertumbuhan Otot

Terlebih dahulu panaskan air lalu tuangkan ke bunga kembang sepatu yang telah disediakan sebelumnya dan tunggu sekitar 20 menit. Tambahkan satu batang kayu manis, gula dan perasan jeruk. Kemudia teh kembang sepatu siap disajikan baik panas dan dingin sesuai selera. Anda dapat mengkonsumsi teh bunga kembang sepatu dalam jangka waktu panjang tanpa efek samping.

Editor: Ramadhani