Universitas Fort de Kock Bukittinggi Produksi Ratusan Hand Sanitizer

Hand Sanitizer produksi Universitas Fort de Kock Bukittinggi
Hand Sanitizer produksi Universitas Fort de Kock Bukittinggi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF - Program Studi Farmasi Fakultas Kesehatan Universitas Fort de Kock Bukittinggi memproduksi ratusan botol hand sanitizer atau cairan pembersih tangan. Rencananya, hand sanitizer ini akan dibagi-bagikan secara gratis ke sejumlah Sekolah Dasar (SD) di Bukittinggi .

"Saat ini masih proses pembuatan, mungkin Rabu besok sudah bisa packing dan selanjutnya siap dibagi-bagikan secara gratis. Ini merupakan wujud pengabdian Universitas Fort de Kock Bukittinggi kepada masyarakat di tengah wabah covid-19," ujar Ketua Prodi Farmasi, Yulia Yesti, saat ditemui klikpositif, Selasa 17 Maret 2020.

baca juga: Pembangunan Replika Surau Tuo di Lezatta Sudah Rampung, Anak-anak Bisa Belajar Tahfiz dengan Gratis

Meski demikian, Yulia Yesti belum bisa memastikan kapan bagi-bagi hand sanitizer itu akan dilakukan, serta sekolah mana saja yang menjadi targetnya.

"Inikan belum selesai. Besok kalau sudah selesai, baru ditentukan kapan akan dibagi-bagikan dan kemana akan dibagikan," ulasnya.

baca juga: Fakultas Pariwisata UM Sumbar Gelar Masta Bagi Mahasiswa Baru

Yulia Yesti melanjutkan, bahan baku yang didapatkan untuk pembuatan hand sanitizer ini sangat terbatas, sehingga tidak bisa memproduksi dalam jumlah yang jauh lebih besar.

"Ada rencana untuk membuat hand sanitizer , khusus untuk dijual di pasaran dengan harga murah, atau harga normal. Kami sangat prihatin, karena saat ini masyarakat kesulitan untuk mendapatkan hand sanitizer , kalaupun dapat, harganya sangat tinggi sekali," tutur Yulia Resti.

baca juga: Lurah Campago Guguak Bukittinggi Bulek Ekspos Pembangunan di Wilayahnya

Yulia Resti memastikan formula dan kualitas hand sanitizer yang dibuat Universitas Fort de Kock akan sama seperti yang dijual di pasaran.

Editor: Haswandi