Terapkan Pola Hidup 'CERDIK' Bisa Terhindar dari Corona, Apa Itu?

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sumbar Linarni Jamil
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sumbar Linarni Jamil (Klikpositif/Haikal)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sumbar Linarni Jamil mengatakan, penyebaran virus Corona (Covid-19) dapat di antisipasi dan dicegah jika masyarakat selalu menerapkan hidup sehat. Jika kekebalan tubuh (imunitas) seseorang kuat dipastikan akan sulit diserang oleh virus.

Ia menjelaskan, ada beberapa hal yang perlu diterapkan untuk hidup sehat tersebut. Ia menyebut dengan istilah CERDIK.

baca juga: Sudah Satu Bulan Lebih Pessel Tanpa Kasus Baru COVID-19

"Pertama, cek kesehatan secara berkala. Diantaranya, cek berat badan dan tinggi badan, cek tekanan darah, cek kadar gula dara, cek fungsi mata dan telinga, cek lingkar perut dan cek kolesterol," katanya.

Linarni menambahkan, yang kedua, enyahkan asap rokok. Asap rokok itu orang yang tidak menghisapnya adalah perokok pasif yang lebih berbahaya dari perokok aktif.

baca juga: Diisolasi Hampir Dua Bulan, Seorang Nenek di Solsel Dinyatakan Sembuh dari COVID-19

"Karena di asap rokok mengandung karbon monoksida, yang menyumbat pembuluh darah, kalau ke jantung bisa sakit jantung, ke otak bisa stroke," ujarnya.

Kemudian, Rajin beraktivitas fisik. Melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari. "Selanjutnya diet gizi seimbang. Dengan banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Kurani GGL, apa itu? gula, garam dan lemak," tuturnya.

baca juga: Kabar Baik, Pasien COVID-19 Terlama di RSAM Sembuh

"Yang kelima, istirahat yang cukup, tidak boleh begadang. Dan yang terakhir kelola stres. Stres jika tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan penyakit yang bermacam-macam," pungkasnya kemudian.(*)

Editor: Muhammad Haikal